Berbelanja Batik Khas Cirebon di Sentra Batik Trusmi

0 34

Berbelanja Batik Khas Cirebon di Sentra Batik Trusmi

Jalan-jalan ke Jawa Barat tetap akan membuat Anda menemukan batik. Di Cirebon ada kawasan khusus yang diprioritaskan untuk sentra produksi dan penjualan batik. Lokasi tersebut bernama Trusmi. Trusmi merupakan nama yang diberikan oleh Sunan Gunung Jati.

Seni pembuatan batik di daerah tersebut diawali oleh Ki Gede Bambangan. Batik menjadi medianya dalam menyiarkan agama Islam. Masyarakat pada masa itu lalu dibekali dengan keterampilan membatik hingga mempunyai identitas diri. Atas usahanya tersebut, keterampilan yang diturunkan masih tetap bersemi di Desa Trusmi.

Di sana, pengunjung diijinkan untuk belajar dan melihat bagaimana proses batik dibuat. Pengunjung juga bebas memilih batik motif apa yang ingin pelajari, misalnya batik tulis atau batik cap. Anda bisa mengikuti proses-proses pembuatan batik sejak dari membuat hingga pencucian dan penjemuran.

Di pusat batik Cirebon ini, ada kurang lebih 3000 tenaga kerja atau pengrajin batik. Pengrajin tersebut tidak hanya berasal dari Desa Trusmi, ada pula yang dari Desa Gamel, Desa Wotgali, Desa Sarabau, dan Desa Panembahan.

Pusat grosir batik di Trusmi tidak hanya menjual batik, tapi Anda pun bisa menemukan oleh-oleh khas Cirebon lainnya seperti kerupuk mlarat, kecap meja, sirup tjampolay, kerajinan tangan, dan sebagainya. Sementara itu, di toserba dijual berbagai macam pakaian batik pria dewasa, wanita dewasa, remaja, anak-anak, sandal batik, aksesori batik, topi dan pakaian, kain batik printing meteran, bahan batik tulis, cap, dan kain panjang batik printing serta batik sarimbit.

Batik yang dijual di Trusmi dibanderol dengan harga yang bervariasi. Harga itu tergantung pada jenis, corak, dan motifnya. Harga kain dan pakaian batiknya berkisar antara Rp 100.000,- sampai Rp 2.000.000,-. Sementara untuk selendang dan aksesori dari kain batik harganya antara Rp 15. 000,- sampai Rp 1.000.000,- tergantung kualitas kainnya.

Motif batik yang dijual rata-rata merupakan motif khas Cirebon yang sudah turun temurun sejak jaman dahulu kala seperti mega mendung, ayam alas, sawat penganten, katewono, gunung giwur, simbar menjangan, simbar kendo, paksinaga liman, patran keris, patran kangkung, singa payung, singa barong, banjang balong, dan lain-lain.

Kalau tertarik memborong batik langsung dari sentranya, langsung saja temukan keindahan itu langsung ke Cirebon. Tepatnya di Desa Trusmi. Letak desanya ini di luar kota Cirebon sekitar 4 km menuju arah barat atau menuju arah Bandung.

Melajulah menggunakan kendaraan sampai menemukan papan nama bertuliskan “Objek Wisata Belanja Batik Trusmi.” Berikutnya sekitar 200 meter ke depan, akan menemui sejumlah rumah yang digunakan sebagai showroom batik-batik hasil produksi mereka sepanjang Jalan Trusmi hingga Panembahan.

Source http://panduanwisata.id/ http://panduanwisata.id/2014/12/12/memborong-batik-khas-cirebon-di-sentra-batik-trusmi/
Comments
Loading...