Beragam Motif Batik Khas Blora Tampil Di Blora Batik Carnival

0 185

Beragam Motif Batik Khas Blora Tampil Di Blora Batik Carnival

Beragam kostum kain batik khas Kabupaten Blora pada Sabtu tanggal 16 Desember 2017 ditampilkan dalam acara Blora Batik Carnival (BBC) 2017 di alun-alun kabupaten Blora. Penampilan kostum batik ini dalam rangka memperingati hari jadi ke 268 Kabupaten Blora. Pawai peserta BBC diawali dengan pertunjukan Barongan. Setelah itu, Masing – masing peserta mengenakan berbagai kostum yang terbuat dari kain batik khas blora. Motif batik yang digunakan sebagai kostum untuk carnival juga sangat beragam. Mulai dari Batik Motif Pohon Jati, Daun Jati, Entung Jati, Akar Jati, Barongan, Tayub, Samin dan lain sebagainya.

Kegiatan ini dimulai pukul 13.00, diikuti 38 Tim. Terdiri dari pelajar, mahasiswa dan umum. Sebelum melakukan pawai, setiap tim tampil di panggung kehormatan selama 3 menit. Beragam pertunjukkan teatrikal di tampilkan di hadapan bupati Blora, Djoko Nugroho dan pejabat lainnya. Tidak jarang peserta yang terpukau melihat penampilan yang dibawakan tim BBC tersebut. Sundarti salah satunya mengaku, senang bisa menyaksikan pawai batik carnival. Kepala Dinporabudpar Blora Kunto Aji mengatakan, tujuan diselenggarakannya Blora Batik Carnival 2017 ini tidak lain sebagai bentuk dukungan promosi potensi Batik Blora yang tidak kalah dengan batik kota-kota besar lain. Lewat acara ini dia juga berharap kedepan di Blora bisa semakin banyak bermunculan para desainer-desainer kostum yang bagus.

Sebagai rakyat Indonesia, masyarakat Blora harus bangga, bahwa batik telah diakui dunia, untuk itu dia mengajak mulai dari sekarang  bisa mencintai dan melestarikan batik karena merupakan warisan turun-temurun bangsa Indonesia. Para pengrajin batik bisa lebih meningkatkan kreatifitas dan kualitas produksinya. Dengan begitu, nantinya akan lebih menarik wisatawan untuk membeli batik Blora sebagai oleh-oleh, souvenir dan lain sebagainya.

Source http://beritajateng.net/ http://beritajateng.net/beragam-motif-batik-khas-blora-tampil-di-blora-batik-carnival/
Comments
Loading...