Beragam Batik Dengan Pesona Budaya Yang Bernilai Tinggi

0 426

Beragam Batik Dengan Pesona Budaya Yang Bernilai Tinggi

Pemberitaan tentang batik menjadi salah satu warisan budaya yang telah ditetapkan oleh PBB. Hal ini menjadi salah satu tantangan besar bagi bangsa Indonesia untuk dapat melestarikan warisan nenek moyang tersebut. Batik sendiri berasal dari bahasa Jawa yakni amba dan berarti menulis dan nitik yang berarti titik, batik tidak semata-mata hanya dimiliki salah satu wilayah tertentu saja. Melainkan seluruh bangsa Indonesia memilikinya. Hanya saja memang yang membedakan adalah motif dan ciri khas di masing-masing daerah. Keberagaman wilayah Indonesia, batik rupanya terbentang dari Sabang bahkan mungkin hingga ke Merauke. Mulai dari wilayah Sumatera yang meliputi Aceh, Batik Aceh pun rupanya memiliki ciri khas tersendiri. Motif Rencong turut serta mewarnai pesona batik di negeri serambi mekah ini, belum lagi ada motif batik di wilayah Riau, Jambi serta Bengkulu yang memiliki ikon motif Burung Kuau, Rembulan hingga Bunga Raflesia. Di Pulau Jawa sendiri, keberadaan batik telah menjadi cikal bakal dari generasi ke generasi. Batik semula hanya dimiliki oleh kawasan tertentu saja atau hanya orang dari kalangan atas yang boleh memakai batik, namun sekarang batik dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.

Batik Solo pun akhirnya menyebar hingga ke berbagai kawasan mulai dari Pekalongan, Banyumasan, Tegal, Kudus, dan seluruh wilayah Pulau Jawa. Meski begitu, corak, perpaduan warna hingga motif yang dihasilkan berbeda-beda. Seolah tidak ingin meninggalkan ciri lokal suatu daerah, sekarang batik telah dimodifikasi, terbukti dengan adanya Batik Tiga Negerti yang juga merupakan perpaduan dari wilayah Lasem, Pekalongan hingga Solo. Tidak cukup disitu saja, batik pun masuk ke wilayah Pulau Dewata, Bali. Di Bali, motif yang dihasilkan jelas berbeda, padu padan warna yang eksotik menjadi warna ciri khas Bali. Kesakralan batik masih dijunjung tinggi disana, hal ini dibuktikan pada setiap upacara keagaaman dan perayaan hari besar, tidak sedikit masyarakat Bali yang menggunakan Motif Batik dalam berbagai bentuk, mulai dari baju, hingga udeng (ikat kepala).

Di pulau yang tekenal dengan karapan sapinya, yaitu Kota Madura batik telah melekat kuat. Tidak hanya itu saja, Batik Madura pun telah menjadi salah satu mata pencaharian penduduk. Batik Madura sendiri terkenal dengan motif warna merah dan bunga jelas menjadikan ciri khas tersendiri bagi pulau ini. Belum lagi di Pulau Borneo, Kalimantan, batik sendiri telah mencuri hati para penduduk disana, karena Kalimantan sendiri memang memiliki ciri khas batik yang memikat. Perpaduan warna yang cerah telah menjadi daya pikat kain batik yang ada di pulau tersebut. Dari rangkaian batik yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia ini, sudah cukup banyak bukti yang mengharuskan sebagai warga negara Indonesia bangga dengan keberagaman batik yang menjadi khasanah budaya bangsa ini. Batik telah hadir dengan makna filosofi tinggi. Untuk itu, sudah saatnya, harus bangga dan melestarikan batik agar terus dapat dinikmati oleh generasi penerus. Sehingga batik akan terus menjadi identitas bangsa ini di mata dunia.

Source Beragam Batik Dengan Pesona Budaya Yang Bernilai Tinggi Batik
Comments
Loading...