Bentuk Motif Kerajinan Batik Tulis Dusun Pajimatan

0 231

Bentuk Motif Kerajinan Batik Tulis Dusun Pajimatan

Batik tulis di Dusun Pajimatan merupakan batik tulis yang mengadopsi motif-motif tradisional dari kraton Yogyakarta. Perajin memproduksi motif-motif tradisional khas kraton yang sarat akan makna dan simbol-simbol. Perajin mengembangkan motif-motif tradisional karena untuk memenuhi pesanan dari kerabat kraton. Selain motif-motif tradisional tersebut, perajin mengembangkan motif-motif yang sesuai dengan permintaan konsumen.

Pada perkembangannya, motif-motif yang dikembangkan seperti Motif Daun Bambu, Motif Daun Pala, Motif Senandung Cinta dan Motif Lung-lungan. Begitu juga warna-warna yang digunakan semakin bervariasi. Warna yang digunakan secara artistik sebagai alat ekspresi manusia, nampaknya mempunyai latar belakang sejarah tersendiri yang tidak dapat dipisahkan dari perkembangan kehidupan manusia sejak jaman prasejarah sampai sekarang. Secara umum sudah diketahui bahwa warna dapat mempengaruhi jiwa manusia dengan kuat dan dapat mempengaruhi emosi manusia. Warna dapat pula menggambarkan suasana hati seseorang.

Produk-produk kerajinan batik tulis Dusun Pajimatan semakin berkembang sejalan dengan tumbuhnya kesadaran terhadap lingkungan alam dan inovasi bentuk karya yang menyebabkan motif-motif batik semakin beragam. Tradisi dan nilai-nilai budaya setempat serta lingkungan alam sekitar berupa tanaman yang tumbuh disekitar dimanfaatkan sebagai objek untuk dijadikan motif batik. Salah satu dari pengaruh ini adalah diterapkannya motif-motif batik sebagai ide kreatifitas dan inovasi perajin dalam menambah nilai suatu produk.

Source http://eprints.uny.ac.id/27622/1/Nita%20Wulandari%2C%2007207241009.pdf
Comments
Loading...