Bentuk Batik Motif Modern

0 171

Bentuk Batik Motif Modern

Bentuk modern adalah motif yang terbentuk karena adanya kebebasan dalam menentukan motif dan ornamen. Motif modern dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu: gaya abstrak dinamis yaitu menonjolkan kebebasan dalam komposisi warna yang bebas dan dinamis, gaya gabungan yaitu mengambil ornamen batik tradisional yang digabungkan menjadi satu dengan motif baru sehingga terbentuk rangkaian yang indah; dan yang terakhir gaya lukisan yaitu mengambil motif bebas dan diberi isen-isen yang diatur rapi sehingga menimbulkan hasil yang indah. Bentuk modern merupakan seni hias yang berkembang dari pembaharuan-pembaharuan atau suatu bentuk seni yang dalam penggarapannya didasarkan atas cita rasa baru, proses kreatif dan penemuan.

Ornamen modern merupakan seni yang bersifat kreatif, tidak terbatas pada objek-objek tertentu, waktu dan tempat, melainkan ditentukan oleh sikap batin penciptanya. Terlepas ikatan-ikatan tradisi merupakan nafas baru dalam dunia imajinasi yang mendorong daya kreatifitas dan mengajak seseorang ke suatu pemikiran baru. Perubahan nilai dalam masyarakat merupakan salah satu sebab utama dari aspirasi konsumen terhadap barang-barang kebutuhan hidup seharihari. Produksi motif batik modern membutuhkan pengetahuan kreatifitas yang tinggi yakni estetika, produksi, fungsi dan kemampuan untuk tanggap terhadap dinamika pasar.

Secara umum batik modern tampil dalam variasi bentuk produk dan gaya yang amat luas dan bebas, yang dikendalikan oleh perkembangan konsep seni dan kendali pasar, tata letak corak bebas, dan corak berorientasi pada fungsi-fungsi sesuai dengan keperluan dan tuntutan masyarakat modern yakni untuk bermacam-macam kebutuhan. Batik hadir dalam variasi corak yang beragam dan khas sesuai dengan daerah pembuatannya. Warna-warna yang digunakan cenderung lebih bervariasi sehingga konsumen tidak merasa jenuh. Di dalam Motif Batik Modern, motif-motifnya pun cenderung lebih sedikit dibanding dengan Motif Batik Tradisional. Motif atau tema yang diangkat lebih ditonjolkan daripada motif atau ornamen-ornamen pengisinya.

Source http://eprints.uny.ac.id/27622/1/Nita%20Wulandari%2C%2007207241009.pdf
Comments
Loading...