Bengkulu Gelar Karnaval Batik Nusantara

0 41

Bengkulu Gelar Karnaval Batik Nusantara

Ribuan warga Kota Bengkulu memadati kawasan Simpang Lima Kota Bengkulu. Mereka sangat antusias mengikuti Karnaval Batik Nusantara yang digelar Pemerintah Kota, yang akan berlangsung selama 3 hari kedepan (18 hingga 20 November 2016).

Kegiatan karnaval tersebut diikuti kalangan pelajar, sejumlah pegawai, baik pegawai negeri maupun swasta, pengusaha rumah makan, perhotelan, dan instansi terkait yang ada di Kota Bengkulu. Kegiatan Karnaval Batik Nusantara ini digelar untuk yang ketiga kalinya di Kota Bengkulu. Sebelumnya pemkot telah melaksanakan kegiatan lainnya seperti Karnaval Batik Basurek.

Dalam kegiatan Karnaval Batik Nusantara ini, dimeriahkan peserta yang menggunakan kostum unik yang mencapai 675 orang dari tingkat SD sampai SLTA. Sedangkan peserta yang hanya menggunakan baju batik basurek mencapai 8 ribu orang lebih yang turut hadir.

Karnaval Batik Nusantara ini diadakan agar kain batik basurek yang menjadi ciri khas warga Bengkulu bisa dikenal dan dipakai semua orang, baik skala nasional bahkan bisa internasional nantinya. Kegiatan Karnaval Batik Nusantara ini diselenggarakan sebagai wujud kalau warga Bengkulu memiliki ciri-ciri yang khas yaitu kain basurek. Sehingga produksi kain basurek di Bengkulu bisa semakin meningkat nantinya setelah adanya kegiatan ini.

Kain batik basurek merupakan kain yang bermotifkan lambang asli Bengkulu. Baik bergambarkan bunga Raflesia maupun gambar-gambar lainnya. Kain basurek merupakan karya seni asli pengerajin batik masyarakat Bengkulu.

Oleh karena itulah perlu kita adakan kegiatan seperti ini. Agar kain batik basurek bisa dipakai semua kalangan terutama bagi masyarakat Bengkulu agar tidak malu-malu lagi menggunakannya. Selain itu, acara ini digelar untuk menghargai dan menyemangati pengerajin batik yang sampai saat ini terus mempertahankan warisan dari leluhur yang ada di Kota Bengkulu. Kegiatan karnaval Batik Nusantara yang digelar oleh pemkot selain merupakan agenda tahunan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Provinsi Bengkulu.

Source http://bengkuluekspress.com/ http://bengkuluekspress.com/batik-rambah-desain-interior-eksterior/
Comments
Loading...