Belajar Membatik di Sentra Kerajinan Batik Dewi

0 29

Belajar Membatik di Sentra Kerajinan Batik Dewi Desa Winong Boyolali

Sentra kerajinan batik yang ada di wilayah Boyolali terus mengalami perkembangan. Seperti yang terjadi di sentra batik ”Dewi” berada di Desa Winong, Kecamatan Boyolali Kota. Lantaran perkembangannya cukup pesat, maka dijadikan wadah untuk pelatihan kader PKK di Kabupaten Boyolali. Pada pelatihan yang digelar pada hari Kamis 5 Oktober 2017, menghadirkan kader perwakilan PKK tingkat kecamatan se-Boyolali. Turut hadir Ketua TP PKK Kabupaten Boyolali Desi Adiwarni, yang merupakan istri Wabup Boyolali M. Said Hidayat.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan keterampilan kader PKK, khususnya dalam hal membatik. Selain itu turut mengembangkan kerajinan batik di Boyolali di setiap kecamatan. Diharapkan seni batik di Boyolali bisa berkembang pesat seperti semtra batik di daerah lain. Para peserta mengikuti pelatihan mulai dari proses pengecapan, penyablonan, pembuatan motif hingga mencanting batik tulis.  Sebelum praktik, peserta mendapatkan bekal teori dari pemilik sentra, Dewi dan pekerja.

Pemilik sentra batik, Dewi mengaku gembira karena mendapat kepercayaan sebagai tempat pelatihan membatik. Kerajinan batik ini menjadi sandaran ekonomi keluarganya dan mampu membuka lapangan kerja. “Ada 10 pekerja dengan keterampilan batik printing, cap dan tulis,” ujarnya.

Kerajinan batik yang digeluti sudah sejak tahun 2014. Motif batik muncul dari ide diri sendiri yang merupakan pengembangan dari hasil pelatihan. Seperti tiga motif batiknya kini sudah dipatenkan di Kemenkum HAM. Salah satunya Motif Batik Ikon Sapi Ndhekem. Terkait penjualan kain batik, idak mengalami kesulitan. Hanya saja, penjualan produk batiknya tidak dilakukan di pasar umum. Dengan mengandalkan jaringan atau mitra melalui instansi pemerintah dan sekolah – sekolah.

Source https://www.fokusjateng.com/ https://www.fokusjateng.com/2017/10/05/20-an-kader-pkk-belajar-membatik-di-sentra-kerajinan-batik-dewi-desa-winong-boyolali/
Comments
Loading...