Belajar Membatik Di Kampoeng Batik Palbatu Jakarta

0 35

Belajar Membatik Di Kampoeng Batik Palbatu Jakarta

Belajar membatik adalah salah satu cara untuk mengekpresikan rasa cinta terhadap Tanah Air Indonesia. Batik menjadi identitas asli Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO (United Nations Educational Scientific and Cultural Organization) sebagai salah satu Warisan Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009, yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional.

Kegiatan membatik mungkin sudah kurang diminati seiring berkembangnya zaman. Namun salah satu rumah kreatif yang berada di kawasan Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, menawarkan kegiatan belajar membatik.

Berawal dari rasa khawatir akan lunturnya budaya membatik, serta tidak adanya tempat edukasi membatik. Di Jakarta, Budi Dwi Hariyanto, bersama kedua rekannya, Budi Irawan dan Bimo akhirnya merealisasikan ide. Mereka dengan mendirikan sebuah tempat untuk belajar membatik bernama Kampoeng Batik Palbatu.

Tak jauh dari gerbang masuk, berbagai motif batik terpampang indah di dinding samping kanan dan kiri jalan. Coraknya pun tidak asal-asalan, mulai dari batik Solo, Yogyakarta, Pemalang, dan batik dari daerah lainnya menghiasi sudut-sudut jalan.

Pada salah satu gang, terdapat ukiran batik khas Cirebon bercorak awan yang membuat gang seolah menjadi lebih ‘hidup’. Pada gang lainnya, ada batik bergambarkan kesenian khas Jakarta, Ondel-ondel. Didirikan tahun 2011, ketiga penggagas Kampoeng Batik mengundang 18 pembatik yang didatangkan langsung dari wilayah Jawa.

Dengan maksud untuk mengajarkan cara membatik ke warga yang menghuni wilayah Jalan Palbatu dan sekitarnya. Hal ini bertujuan untuk melestarikan budaya membatik dengan tindakan nyata. Selain membuka gerai batik, tempat ini juga berfungsi sebagai tempat wisata edukasi dan sanggar untuk siapa saja yang ingin belajar membatik. Kegiatan edukasi kreatif membatik ini menjadi kegiatan unggulan yang disediakan oleh Kampoeng Batik Palbatu.

Kegiatan membatik ini diharapkan dapat mengedukasi dan merubah pola pikir masyarakat untuk lebih sadar dan peduli terhadap budayanya sendiri. Serta dapat melihat kegiatan membatik sebagai peluang usaha untuk membantu memperbaiki atau meningkatkan perekonomian masyarakat.

Untuk varian program edukasi yang ditawarkan dibagi menjadi tiga, yakni belajar mencanting, belajar mewarnai, dan belajar membatik. Dipatok dengan harga mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 500.000 per orang.

Kini, setelah 6 tahun ada di tengah-tengah masyarakat perkotaan. Kampoeng Batik Palbatu menjadi salah satu tempat edukasi di Jakarta yang sudah bersertifikat. Serta memiliki cukup banyak sponsor yang mendukung kegiatan mereka, salah satunya adalah Indonesia Power.

Wisata edukasi ini sendiri saat ini sudah memiliki kurang lebih 13 pengajar membatik yang berasal dari kawasan Palbatu, Jakarta Selatan. Para pengajar dihadirkan untuk memberi edukasi kepada masyarakat serta pengunjung yang datang dan ingin mengenal batik lebih dalam.

Pengunjung yang ingin mengenal lebih dalam tentang cara membatik, sekaligus ingin mempelajarinya. Akan diarahkan untuk mengikuti kelas membatik. Kelas membatik dengan jumlah peserta di bawah tujuh orang tidak diperlukan reservasi terlebih dulu. Karena satu pengajar sudah cukup. Namun jika jumlah peserta lebih dari tujuh, maka diperlukan reservasi untuk mengikuti kelas membatik tersebut.

Kampoeng Batik Palbatu mempunyai ciri khas, yakni batik tulis dengan motif topeng Betawi, motif kembang api, dan motif burung gelatik buah rambutan. Sedangkan proses membatik lainnya tetap ada, hanya saja tidak begitu menonjol, hal ini dikarenakan pelajaran membatik di tempat ini dimulai dari tingkat yang paling dasar.

Selain memproduksi batik tulis tangan, kampoeng batik juga menerima titipan batik berupa kain, baju ataupun taplak meja untuk dijual ke pengunjung. Titipan tersebut biasanya berasal dari gerai-gerai batik yang juga memiliki hubungan atau bermitra dengan Kampoeng Batik Palbatu.

Website: http://www.kampoengbatikpalbatu.com

Alamat: Jl. Pal Batu 4 No.17, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan 12870

No. Telp: 0878 8817 9080 atau 0811 19 17 35

E-mail: [email protected]

Instagram: @kampoengbatikpalbatu

Source https://www.checkinjakarta.id/ https://www.checkinjakarta.id/read/3-tempat-belajar-membatik-di-jakarta
Comments
Loading...