Belajar Batik Tulis Ala Ibu Ibu Di Malang

0 76

Belajar Batik Tulis Ala Ibu Ibu Di Malang

Puluhan wanita meriung dalam beberapa kelompok di pelataran Wisma Kalimetro, Kota Malang, Jawa Timur. Mereka sibuk menghadap kompor dan wajan kecil berisi malam atau cairan lilin yang diletakkan di atas meja.

Masing-masing memegang canting, lantas menciduk malam dan kemudian ditorehkannya pada pola bermotif daun tembakau. Mereka sedang belajar proses pembuatan batik tulis yang diselenggarakan Yayasan Terakota, kelompok pegiat seni budaya di Kota Malang.

Maslikhah, satu di antara puluhan perempuan itu, tampak teliti menghadap selembar kain putih yang sudah dibuatnya tak polos lagi. “Ini pertama kalinya belajar membatik,” kata Maslikhah di Malang.

Ia puas setelah corak daun di selembar kain semakin tampak jelas. Maslikhah tak seorang diri datang belajar membatik. Putrinya yang duduk di bangku kelas 1 Madrasah Tsanawiyah atau setara Sekolah Menengah Pertama turut diajaknya.

“Sejak kecil dia suka pelajaran seni rupa, makanya saya ajak juga. Biar sekaligus belajar tentang batik,” ucap Maslikhah.

Apalagi belajar membuat batik tulis dengan teknik pembuatan secara manual menuntut ketelatenan dalam pengerjaannya. Selain melatih kesabaran, sekaligus ikut merawat salah satu tradisi leluhur tersebut. Beruntungnya, batik tulis yang mereka kerjakan tak terlalu rumit motifnya.

“Kalau putri saya suka, nanti di rumah biar disiapkan canting dan alat lainnya. Biar terus belajar,” tutur Maslikhah.

Para wanita itu diajari dasar-dasar proses pembuatan batik. Mulai memanaskan lilin, melukis, sampai mengunci warna agar tak mudah luntur. Bermacam pengetahuan tentang teknik pewarnaan juga disampaikan ke mereka.

Source https://www.liputan6.com https://www.liputan6.com/regional/read/3405630/belajar-batik-tulis-yang-menyenangkan-ala-ibu-ibu-di-malang
Comments
Loading...