Belajar Batik Solo Bareng Komunitas Sinau Batik

0 17

Belajar Batik Solo Bareng Komunitas Sinau Batik

Siapa yang tidak mengenal batik? Kota Solo atau Surakarta tempat saya tinggal termasuk daerah yang mewarisi batik khas pedalaman yang telah diajarkan secara turun-menurun sejak masa kerajaan. Tentu yang saya maksud  di sini adalah batik yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi, bukan kain printing bermotif batik yang dijual dengan harga murah di toko-toko kain. 

Perlu diketahui bahwa Batik Solo berbeda dengan Batik Yogya. Sejak Perjanjian Giyanti ditandatangani oleh kedua belah pihak kerajaan (Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta) tahun 1755, sudah ada kesepakatan untuk membagi warisan motif batik Mataram. Batik Solo tetap mempertahankan warna sogan, sementara Batik Yogya mengunggulkan variasi warna putih dalam pewarnaannya. Masing-masing menanamkan filosofi sesuai apa yang hendak ditanamkan ke rakyatnya.

Sabtu 20 Mei 2017 lalu, saya bergabung dengan peserta city tour bertajuk Enggar-Enggar Penggalih ing Kutha Sala yang diadakan oleh Paguyuban Putra-Putri Solo. Kegiatan ini berupaya mengajak masyarakat agar semakin mengenali potensi wisata dan batik yang ada di Kota Solo. Perjalanan siang itu diawali dengan kunjungan ke Museum Radya Pustaka yang terletak di kompleks Taman Sriwedari, Jalan Slamet Riyadi. Kami dipandu oleh guide museum yang fasih memperkenalkan sejarah awal terbentuknya Radya Pustaka, siapa yang mendirikan bangunan museum, hingga penjelasan tentang koleksi-koleksi yang ada di sana.

Museum yang didirikan oleh patih KRA Sosrodiningrat IV pada tahun 1890 semula bernama Paheman Radyapustaka yang berlokasi di Kepatihan Surakarta. Dua puluh tiga tahun kemudian, koleksi yang ada di sana dipindahkan ke Loji Kadipolo, bekas kediaman milik warga Belanda yang bernama Johannes Busselaar. Di dalam Museum Radya Pustaka masih tersimpan arca-arca peninggalan kerajaan Hindu-Buddha atau Mataram Kuno yang pernah berkembang di Jawa bagian tengah.

Comments
Loading...