Belajar Batik Di Ubud Bali

0 76

Belajar Batik Di Ubud Bali

Sekarang belajar membuat kain batik tidak hanya di Jawa tapi ada di Pulau Bali. Jika ingin belajar kain batik silakan datang di widya batik di ubud. Nanti akan diantar karyawan dari widya batik dan usaha batik ini bisnis keluarga yang dibelakang rumah keluarga mereka.

Disana nanti seorang karyawan widya batik memberi pelajaran teori cara belajar batik dalam mengunakan bahasa inggris. Langkah langkah yang pelajari sambil kalian praktekan cara membuat batik adalah sebagai berikut:

Pilih motif sesuai selera anda

Sebelum kalian membuat motif batik sesuai selera silakan anda mencari di internet tentang motif motif batik , jika kalian tidak jago mengambar maka bikinlah motif abstrak aja. widya batik juga sudah sediakan motif puluhan gambar di kertas a5 yang sudah di gambar. Motifnya tentang pemandangan , hindu, hewan dan lainnya.

Menjiplak

Setelah itu, kalian akan ke meja panjang yang sudah disedikan kain katun tipis yang besarnya dan lebarnya sedikit besar dair desain.setelah itu kertas dibawah katun dan mulai menjiplak motif yang kamu piih ke katun. Menjiplak tidak perlu tebal tebal soalnya nanti akan di hapus dan membuat motif batik dengan lilin.

Mengunakan garis mengunakan canting

Setelah kamu mengambar katun dengan cara menjiplak, anda akan belajar menebalkan dengan mengunakan lilin. Posisi canating harus 45 derajat agak tidak cepat tumpah. Jika sudah 10 detik lilin akan mengeras maka harus diganti. Setelah itu garis demi garis akan cukup melelahkan dan akan mulai bosan. Jangan heran kalo batik tulis mahal.

Mewarnai batik

Jika sudah mengaris mengunakan canting , setelah udah mulai biasa, kalian akan mengenal warna, ada warna seperti hijau baru akan berinteraksi jika kena matahari atau setelah proses pencucian akan tampak warna yang berbeda. Ada 2 kuas kecil dan besar untuk mewarnai dengan hati hati karena jika terlalu cepat nanti akan merembes keluar dari garis.

Jika sudah akan dicoba hal nyata

Nanti akan diberikan kain katun asli. Disamping ada kompor lilin waktunya warnai garis demi garis jika sudah silakan mewarnai. Jika tidak ingin karya kain batik rusak silakan konsultasi dengan batik widya. Orang orangnya sangat ramah.

Dijemur

Setelah diwarnai dan jika cukup layak maka kain batik akan di jemur agar warna keliatan berwarna.

Diwarnai lagi

Jika kain batik kering, karyawan melihat karya kalian agak kacau dalam mewarnai.nanti ada karyawan membantu warnai warna yang kasar dan membatu agar lebih terlihat bagus.

Membuat kain batik cetak di samping

Daerah samping sampingnya mengunakan kain batik tempel yang sudah ada pilihannya di sini.

Jemur ulang

Untuk warnanya mengering.ada tahap lagi jika ingin ditambahkan atau diwarnai lagi sesuai selera.

Kain batik direbus

Langkah terakhir adalah memasak kain batik dengan ada larutan kimia agar warnanya dapat keluar sempurna.

Source https://tabinaco.net https://tabinaco.net/belajar-batik-di-ubud-bali
Comments
Loading...