Belajar Batik di Kampung Batik Kembang Mayang

0 26

Belajar Batik di Kampung Batik Kembang Mayang

Batik merupakan ciri khas bangsa Indonesia. Warisan leluhur itu harus tetap dilestarikan walaupun saat ini sudah menginjak era modern. Seperti di Kampung Batik Kembang Mayang, Jalan Mayang RT 002 RW 011, Larangan Selatan, Kota Tangerang. Pemukiman padat penduduk tersebut menggunakan batik sebagai ciri khasnya. Misalnya ada beberapa tembok yang dicat dengan motif batik. Kedepannya pun, semua warga di RT 02 akan mencat temboknya dengan motif batik. Tak hanya itu, warga sekitar juga menekuni pembuatan batik tulis.

Biasanya, mereka membatik di sebuah sanggar yang juga dijadikan posyandu. Setiap hari Rabu dan Jumat, mereka membuka kelas di posyandu untuk belajar membatik. Batik yang digarapnya pun merupakan batik tulis dan cap. Mereka pun menamakannya dengan sebutan Batik Kembang Mayang. Kampung Batik Kembang Mayang dicetuskan oleh Budi Darmawan (54), Ketua RT setempat. Ia sendiri memang ahli di bidang batik. Kepada Poskotanews.com, pria yang akrab disapa Iwan itu mengatakan, semua orang dapat belajar membatik di sini. Nantinya, mereka akan diajarkan bagaiman proses pembuatan batik tulis yang benar.

“Bisa, sudah beberapa kali. Pekan depan juga ada yang mau datang ke sini untuk private membatik,” ucapnya di Kampung Batik Kembang Mayang, Jalan Mayang RT 002 RW 011, Larangan Selatan, Kota Tangerang. Di lokasi yang sama, Ketua Manajemen Kampung Batik Kembang Mayang, Zulifni Adnan mengatakan, warga luar yang ingin belajar membatik akan dikenakan biaya. Namun, biaya itu bukan dipakainya untuk komersil, melainkan untuk membeli bahan, canting, dan peralatan membatik lainnya.

“Nah peralatan itu nanti yang makai dia sendiri. Harganya Rp 150 ribu dua jam dari pola sampai pewarnaan, Rp 250 ribu empat jam sampai selesai, dan private itu Rp 1 juta enam kali pertemuan dalam satu bulan. Jika ada uang sisa dari itu juga akan dipakai untuk memperbagus Kampung Batik Kembang Mayang,” paparnya. Zul melanjutkan, saat ini pihaknya sedang fokus terhadap pengembangan Kampung Batik Kembang Mayang. Jika berjalan dengan lancar, kemungkinan besar pihaknya akan memproduksi batik sendiri dan membuat galeri.

“Tapi kita fokusnya sekarang pengembangan Kampung Batik dan agar sanggar ini juga bisa berjalan,” tandasnya. Sekedar informasi, Kampung Batik Kembang Mayang sendiri tercetus pada pertengahan tahun 2017 lalu. Di sini terdapat spot foto bagus dengan latar belakang batik yang merupakan ciri khas kebudayan Indonesia. Warga sekitar membuat gambar berbentuk motif batik di tembok-tembok dengan menggunakan cat berwarna. Hasilnya pun menarik beberapa orang, tidak dari wilayah situ saja, untuk berswafoto dengan latar belakang tembok batik. Hal itu jugalah yang membuat Kampung Batik Kembang Mayang menjadi viral.

Source http://poskotanews.com/ http://poskotanews.com/2018/03/18/belajar-batik-di-kampung-batik-kembang-mayang-ini-bayar-tapi/
Comments
Loading...