infobatik.id

Bekasi Perlu Miliki Khazanah Batik

0 12

Bekasi Perlu Miliki Khazanah Batik

Kota Bekasi sejatinya belum memiliki khazanah batik. Hal tersebut coba dirumuskan kembali pada Lokakarya Batik Bekasi di Jababeka Executive Club, Cikarang Utara, Jum’at (28/11). Hadir sebagai pembicara, Kiai Haji Munir Abas menyampaikan jika nilai batik bekasi harus agamis sesuai dengan konsepnya sendiri. “Batik Bekasi harus sesuai ajaran Islam. Seperti tidak boleh ada gambar makhluk bernyawa, kecuali digambar tidak sempurna seperti tanpa kepala,” kata Anggota Dewan Penasihat MUI Kabupaten Bekasi.

Disambung Yanyan Sunarya selaku Dosen Fakultas Seni Rupa Desain Institut Teknologi Bandung (ITB) jika batik bekasi harus menentukan indentitasnya, seperti dalam gaya, merunut gaya klasik atau kontemporer. Para pembatik harus merumuskan bagaimana batik bekasi. Batik bekasi harus sesuai dengan unsur-unsur yang ada di Kabupaten Bekasi. Hal tersebut harus dicari tentunya. Batik bekasi belum memiliki identitas. Padahal dikatakan jika batik telah eksis di Bekasi pada abad ke-4 walaupun Bekasi menurut sejumlah pakar tidak memiliki tradisi batik.

Lokakarya ini diikuti seniman batik, mahasiswa dan juga pemerhati seni di Kabupaten Bekasi. Pada kesempatan ini juga hadir Ernawati, seorang pengrajin seraci batik betawi atau lebih dikenal batik tarumajaya. Hadir sebagai narasumber Yanyan Sunarya Dosen FSRD ITB, Beni dari Museum Tekstil Indonesia dan K.H. Munir Abas dari MUI Kabupaten Bekasi.

Source https://kabarsebelas.com/ https://kabarsebelas.com/ekbis/1764-bekasi-perlu-miliki-khazanah-batik
Comments
Loading...