Begini Cara Membedakan Batik Asli

0 104

Namun, walaupun sudah teramat sering melihat hingga menggunakan pakaian batik, masyarakat masih sulit membedakan mana batik asli ataupun palsu. Tapi tenang ladies, untuk meminimalisir masalah tersebut, Asossiation of Expert and Producers of Indonesia Handicraft (ASEPHI) memperkenalkan stiker hologram batik asli yang dipakai oleh pedagang perajin batik peserta INACRAFT dari Pekalongan sebagai proyek percontohan.

Ketua Umum Badan Pengurus Cabang ASEPHI Pekalongan, Rommy Oktabirawa, mengatakan jika hologram batik ini merupakan sebuah penanda untuk melindungi batik tulis, cap atau kombinasi tulis cap khususnya kepada konsumen, agar menjadi konsumen cerdas.

“Hologram Batik Asli bergaransi ASEPHI upaya menggaransi keaslian batik yang dibeli konsumen sebagai bentuk kepedulian ASEPHI, dalam rangka memberikan edukasi kepada khalayak. Bahwa yang dimaksud dengan batik adalah proses, bukan dinilai dari motif,” ujar Rommy dalam acara ‘peluncuran Hologram Batik di INACRAFT 2018,’ Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis.

Rommy menjelaskann, penggunaan hologram ini tidak hanya untuk mengedukasi para konsumen. Melainkan, hologram tersebut dapat melindungi karya-karya para pembuat batik atau produsen.

“Jadi batik Indonesia di ekspor ke luar negeri tapi ada yang mengakui itu batik negara lain. Maka, bisa dicek dari hologram yang tertera,” tambahnya.

Hologram batik asli bergaranis ini diawali di Pekalongan dan daerah Jawa Tengah, atas inisiatif para pengurus ASEPHI di tahun 2018 ini sepakat untuk bersama-sama dalam rangka turut mendukung upaya pelestarian batik asli dan memberikan edukasi kepada masyarakat pembeli dan pencinta batik. Bahwa arti Batik ialah proses bukan dinilai dari motif yang akibat kurang paham menilai mana batik asli maka masyarakat kebanyakan mengaggap produk yang bermotif batik adalah batik.

Nah ladies, setelah informasi yang kamu di atas, kini jika ingin membeli batik kamu harus melihat dulu ada stickernya atau tidak, nah kalo ada sudah dipastikan itu batik asli. Cintailah produk Indonesia dengan membeli yang asli yah ladies.

Source https://www.fimela.com https://www.fimela.com/beauty-health/read/3813818/begini-cara-membedakan-batik-asli
Comments
Loading...