Begini Cara Bedakan Batik Tulis Lasem Asli atau Bukan

0 25

Begini Cara Bedakan Batik Tulis Lasem Asli atau Bukan

Ada cara yang cukup mudah untuk mengetahui dan membedakan batik tulis Lasem dengan produk lain, atau yang palsu.”Untuk mengetahuinya, batik Lasem ini bisa dilihat dari warna dan motifnya. Yakni batik Lasem ini bercirikan mempunyai warna merah darah ayam.

Menurutnya, kalau tidak dari segi warna, batik Lasem juga bisa dilihat dari motifnya. Yakni batiknya banyak bunga-bunga kecil atau biasa disebut dengan sebutan sekar jagad,” kata Fathur Rohim, Perajin Batik Lasem.

Sementara itu, dalam pembuatan batik Tulis Lasem, katanya, dirinya lebih memilih dengan mengunakan cara tradisional atau dengan cara dilukis menggunakan canting. Hal inilah yang membuat batik Lasem cenderung mahal, dibandingkan batik yang diproduksi secara modern.

“Saat ini kita masih menggunakan canting. Dan jangan heran bila saat ini batik Lasem tersebut masih dibilang mahal. Sebab harga batik juga tergantung kerumitan membatik gambar atau polanya,” ungkapnya.

Untuk harga batik Lasem sendiri masih dibilang mahal. Sebab untuk harganya mulai dari Rp 250 ribu hingga Rp 2.5 juta. “Untuk harganya berfariasi. Baik dari Rp 250 ribu hingga Rp 2.5 juta. Dan itu juga tergantung motifnya maupun halus kasarnya. Terlebih letak kerumitannya,”tuturnya.

Untuk membuat batik Lasem, para pekerjanya biasanya membutuhkan waktu sekitar satu pekan, untuk menyelesaikan batik dalam ukuran kain sepanjang 270 cm dan lebar 1,15 cm. Itupun sering diselesaikan dua karyawan.

“Untuk pembuatannya yakni, kain putih polos tersebut diberikan pola terlebih dahulu menggunakan pensil. Setelah itu, pola tesebut dilapisi malam yang sudah dituang di canting. Nah setelah membatik pola, maka batikan itu dikasih isen-isen (titik titik, hiasan red),” bebernya.

Dia melanjutkan, setelah itu, diulangi di bagian belakang kainnya. Supaya batik itu tidak terlihat tembus. Kemudian bisa dilapisi dengan lilin. Supaya proses pewarnaan tidak merusak batiknya. Dan setelah itu bisa diplorot atau pembersihan warna.

Source https://www.murianews.com https://www.murianews.com/2016/07/29/89563/begini-cara-bedakan-batik-tulis-lasem-asli-atau-bukan.html
Comments
Loading...