Bayuangga Batik Khas Kota Probolinggo

0 814

Batik Bayuangga

Kota Probolinggo di Jawa Timur yang memiliki ciri khas tersendiri, yaitu batik “Bayuangga”. Sempat berhenti selama kurang lebih satu tahun, akhirnya pada tahun 2009 dirinya dan teman-teman mencoba mengajak kembali masyarakat yang pernah mengikuti pelatihan membatik untuk membuat usaha. Kemudian pada akhir 2009 meminta pelatihan lagi untuk pemantapan dan sejak saat itu batik kota Probolinggo “Bayuangga” mulai berkembang sampai sekarang. Sesuai dengan namanya, batik Kota Probolinggo memiliki motif khas yaitu Motif Bayuangga yang diambil dari kata Bayu yang berarti angin dan Angga adalah kependekan dari nama buah Anggur dan Mangga yang juga merupakan buah unggulan dari Probolinggo. Selain itu batik Kota Probolinggo juga memiliki motif kelautan dan gunung Bromo karena letak kota Probolinggo yang berada di dekat pesisir dan gunung Bromo.

Pemasaran Batik
Buat pemasaran batiknya di dalam kota, Agus mengaku sejak tahun 2010 dirinya dan pengrajin batik lainnya dipercaya pemerintah kota untuk membuat seragam Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dan untuk order batiknya pribadi, Agus selama dua tahun ini melayani pesanan batik untuk pakaian sekolah di Kalimantan Selatan.
Harga Batik 
Harga batiknya juga bervariasi tergantung motif dan jenis kain. Untuk batik tulis minimal harganya Rp. 175.000,- per potong dengan ukuran dua meter. Dibantu dengan 13 orang karyawannya, Agus setiap hari memproduksi batik. Namun pengerjaan kebanyakan di kerjakan di rumah karyawannya masing-masing.
Bahan Batik 
Untuk bahan malamnya sudah coba untuk membuatnya sendiri sedangkan kain dan pewarnanya dibeli dari Solo. Agus mengaku, dengan melemahnya nilai Rupiah terhadap Dolar cukup mempengaruhi usahanya terutama harga kainnya yang semakin mahal sehingga mau tidak mau dirinya juga harus menaikkan harga jual kain batiknya. Meski demikian, animo masyarakat lumayan tinggi.
Source Bayuangga Batik Khas Kota Probolinggo Batik Probolinggo
Comments
Loading...