Batik Yogyakarta : Motif Semen Sido Mukti, Jadi Mulia

0 151

Batik Yogyakarta motif semen dimaknai sebagai penggambaran dari sebuah “kehidupan yang bersemi” yaitu suatu kehidupan yang menggambarkan kemakmuran dan perkembangan yang kearah lebih baik dalam konteks positif. Ornamen pokok pada motif-motif semen memiliki beberapa jenis yaitu:

  • Yang pertama adalah ornamen yang berkaitan dengan daratan, contoh: flora aka tumbuh-tumbuhan atau fauna yang berkaki empat.
  • Kedua yaitu ornamen yang berkaitan dengan udara, Contoh: fauna seperti burung garuda, dan awan mega mendung.
  • Sedangkan yang ketiga adalah ornamen yang berkaitan dengan lautan atau air, seperti hewan ikan, ular, dan katak. Jenis ornamen tersebut kemungkinan besar memiliki keterkaitan dengan pemahaman Triloka atau Tribawono. Pemahaman tersebut merupakan suatu ajaran tentang adanya 3 dunia, yaitu; dunia langit yang ditempati para dewa dan yang suci, selanjutnya dunia tengah yang merupakan tempat tinggal manusia menjalani kehidupan, serta dunia bawah yang merupakan tempat para manusia yang memilih jalan hidup yang dipenuhi angkara murka.

Selain makna tersebut kain Motif Semen –  Nama Rama diambil dari nama Prabu Ramawijaya karena di dalamnya terdapat ajaran Hastha Brata (delapan pesan) yang harus dilaksanakan seorang calon pemimpin. Sidomukti. Sido berarti menjadi, mukti berarti mulia. Motif ini melambangkan harapan hidup dalam kecukupan dan bahagia lahir bati dunia akherat. Biasa dikenakan oleh pengantin pada upacara ijab qobul dan panggih.

Source jogjaworldbatikcity.id jogjaworldbatikcity.id/motif-semen
Comments
Loading...