Batik Yogyakarta Kota Batik Dunia

0 144

Batik Yogyakarta Kota Batik Dunia

Kota Yogyakarta telah dinobatkan sebagai Kota Batik Dunia oleh World Craft Council alias Dewan Kerajinan Dunia. Meski tradisi batik bisa ditemukan di sejumlah daerah lain di Indonesia, bahkan di luar negeri, tapi Yogyakarta adalah rumah bagi tradisi batik. Yogyakarta banyak menyimpan sejarah panjang tentang kelahiran batik. Di wilayah ini dulu bernama Mataram, para arkeolog menemukan bahwa motif-motif batik yang kemudian ditulis dalam berlembar-lembar kain, telah terdapat pada relief Candi Prambanan, peninggalan monumental Kerajaan Mataram Kuno.

Pada zaman dulu batik hanya dikenakan kalangan terbatas, yakni keluarga keraton. Namun belakangan, pada abad 19, batik mulai dikenakan oleh masyarakat di luar keraton. Kampung batik juga mulai bermunculan, seperti di Giriloyo, Tamansari, Prawirotaman, dan Tirtodipuran. Desa Pleret, Bantul, disebut-sebut sebagai daerah pembatikan pertama.

Kini pada era abad 21, batik telah menjadi pilihan berbusana bagi banyak kalangan usia, tidak hanya orang tua, tapi juga anak-anak muda kian menggandrungi batik sebagai pilihan berbusana, ke pesta, acara resmi dan juga ke tempat kerja. Dengan batik, mereka tetap fashionable, sekaligus menunjukkan ciri khas Indonesia.

Ada dua keraton besar yang mewarisi kebudayaan Jawa, Surakarta, dan Yogyakarta menjadi pusat-pusat pengembangan batik. Di balik tembok keraton, terdapat para pembatik yang dengan tekun menjaga tradisi ini. Di Jogja pulalah digelar perhelatan Jogja International Batik Biennale. Sejumlah desainer juga telah menggunakan batik dalam rancangannya busananya.

Source Batik Yogyakarta Kota Batik Dunia Batik
Comments
Loading...