Batik Wijaya Kusuma Dewi Rengganis Dihargai Rp 50 Juta

0 298

Batik Wijaya Kusuma Dewi Rengganis Dihargai Rp 50 Juta

Gebyar Semarak Kemilau Batik Kabupaten Probolinggo pada tahun 2017 yang kali ini digelar di Alun-alun Kota Kraksaan, pada hari Jum’at tanggal 6 Oktober 2017 menjadi berkah tersendiri bagi pengrajin batik lokal Kabupaten Probolinggo. Berkah tersebut salah satunya dirasakan oleh Rusyami, pengrajin batik tulis asal Desa Jatiurip Kecamatan Krejengan yang hasil karyanya dikenal dengan nama “Batik Dewi Rengganis”. Di akhir gelaran acara tahunan itu secara spontanitas Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE mengadakan lelang dari setiap karya batik lokal Kabupaten Probolinggo yang telah disulap menjadi karya busana apik dari Desainer Studio Fitting Ifan. Termasuk pula yang diperagakan oleh Kezia Warouw.

Rusyami salah satu pemiliki Batik Rengganis mengungkapkan bahwa kain batik dengan warna dasar hitam dengan goresan garis kuning dan bunga kemerahan yang sedang digunakan oleh Kezia Warouw itu adalah Motif Wijaya Kusuma yang merupakan salah satu desain batik andalannya. Bunga Wijaya Kusuma artinya bunga kejayaan atau bunga keberuntungan. Konon bunga ini hanya dimiliki oleh para bangsawan dan diharapkan yang memakai batik ini akan mempunyai keberuntungan seperti para bangsawan,” ungkap pioneer batik di Kabupaten Probolinggo ini.

Pada saat lelang, busana batik yang dikenakan Kezia Warouw merupakan lelang terakhir setelah diawali oleh lelang 12 busana batik lokal Kabupaten Probolinggo. Ada dua orang yang terlibat di lelang terakhir itu yaitu M. Subhan, Kepala Desa Dringu Kecamatan Dringu dan Rusyami sebagai pencipta motif Wijaya Kusuma itu sendiri. Lelang diawali dengan penawaran harga Rp 5 juta saja, kemudian terjadi adu penawaran harga dari kedua belah pihak. Rusyami melawan dengan harga Rp 15 juta yang kemudian dinaikkan oleh Subhan diharga 21 juta. Rusyami pun tentu saja tidak mau kalah dengan melawan dengan harga Rp 25 juta. Mendengar tawaran itu Rusyami sempat terdiam dan berpikir sejenak, dibenaknya terfikir bahwa ini adalah satu-satunya kesempatan dimana hasil karyanya diperagakan oleh Putri Indonesia 2016. Dari harga penawaran yang diajukan akhirnya batik ini jatuh dengan harga Rp. 50 juta.

Source Batik Wijaya Kusuma Dewi Rengganis Dihargai Rp 50 Juta Batik
Comments
Loading...