Batik Widoro Wonogiren

0 194

Batik Widoro Wonogiren

Pamor Batik Nusantara sebagai budaya asli bangsa Indonesia terus melambung sejak beberapa tahun belakangan ini. Ditandai dengan semakin maraknya pemakaian sandang berikut pernak-pernik bernuansa batik di tengah masyarakat. Fenomena ini menjadikan para pengusaha batik berlomba-lomba menciptakan ide segar dalam menorehkan motif di atas media batik mereka. Supaya di pasaran tersedia beragam pilihan motif batik, sehingga tidak terjadi kekakuan dan monotonitas. Kalau sudah begini muaranya iklim berbusana batik akan terus terjaga.

Agaknya hal inilah yang juga dilakukan para pengusaha batik tulis di Kabupaten Wonogiri. Di salah satu sentranya di Desa Widoro, Kecamatan Sidoharjo, mereka membuat motif baru dengan menonjolkan kesan muda, dinamis, dan berkarakter. Kesan tersebut tampak dari guratan motif tumbuhan, pemandangan pegunungan, sampai motif tribal. Semuanya dibalut dengan laburan warna meriah dan ngejreng khas anak muda.

“Warna beraneka ragam, mulai, merah, biru muda, pink, ungu, putih, atau kuning muda,“ ujar Parno pengusaha batik tulis, warga Semin Kidul, Desa Widoro. Gambaran motif juga tampak berkarakter tegas, penuh dinamisasi serta kreasi yang tidak terbelenggu pada pakem umum. Lantaran memiliki gaya khas, batik tulis buatan warga Desa Widoro sering disebut batik Widoro Wonogiren. Lantas soal harga? Untuk kemeja lengan pendek, sekitar Rp. 200 ribu sampai Rp. 250 ribu, sebab asli batik tulis.

Source http://www.timlo.net/ http://www.timlo.net/baca/25780/batik-widoro-wonogiren-meriah-dan-ngejreng/
Comments
Loading...