Batik Wayang Kayu dari Dieng, tanah Dewa di atas awan

0 108

Batik Wayang Kayu dari Dieng, tanah Dewa di atas awan

Dieng sebagai lokasi tujuan wisata di Jawa Tengah merupakan hal yang yang jamak kita dengar. Dari lokasinya yang disebut tanah dewa karena berada di ketinggian rata rata 2.000 mdpl menyimpan berbagai pesona alam mulai dari panorama yang indah hingga peninggalan sejarah yang menakjubkan. Kita bisa menemukan peninggalan candi candi yang berdampingan dengan kehidupan warga sekitar dan tetap terjaga kondisinya. Lalu tidak jauh di sekitarnya kita bisa menikmati keindahan alam mulai dari danau, telaga hingga kawah yang menjanjikan pengalaman menarik bagi pengunjungnya.

Ternyata selain menyandang julukan yang megah, Dieng juga memiliki kerajinan khas untuk oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung di dataran tinggi Dieng yang memiliki nama tak galah gagah, yaitu Batik kayu dewa atau bentuk spesifik yang lebih dikenal adalah jenis Batik wayang kayu. Batik wayang kayu adalah salah satu kerajinan lokal masyarakat Dieng yang dibuat dari kayu pilihan. Kayu yang digunakan adalah kayu cemeti yang merupakan kayu khas daerah Dieng.

Untuk motif atau desain tidak terlalu berbeda dengan suvenir batik wayang dari daerah lain, keistimewaan batik wayang kayu Dieng adalah penggunaan bahan kayu cemeti yang berasal dari pohon cemeti yang banyak tumbuh di kawasan danau sembungan yang memiliki ketinggian 2.300 mdpl.

Batik Wayang Kayu adalah karena dalam khasanah budaya lokal, kayu tersebut adalah kayu yang di keramatkan. Kayu pohon cemeti sebelumnya sering digunakan oleh para pelaku kesenian tradisional Ebeg lokal karena selain di keramatkan, kayu tersebut juga memiliki aura magis untuk prosesi trance, atau kesurupan.

Alasan lain terlepas dari segala atribut mistis dari legenda lokal atas kayu cemeti tersebut adalah halusnya serat kayu yang terdapat didalamnya, sehingga mudah untuk pengrajin membuat gambar tokoh wayang serta membatiknya.

Proses pembuatannya hampir sama seperti membuat batik tulis di atas kain, namun kali ini batik dibuat diatas kayu yang telah di potong. Canting yang berisi dengan nilam panas tinggal diarahkan secara benar dan teratur mengikuti setiap garis pada gambar yang terdapat di atas kayu. Setelah semua selesai, kayu tinggal diberi warna sesuai dengan warna pilihan. Batik wayang kayu khas Dieng ini merupakan salah satu potensi kerajinan lokal masyarakat dataran tinggi Dieng yang menarikuntuk ditelusuri.

Source https://www.rumahkreative.id https://www.rumahkreative.id/2017/08/batik-wayang-kayu-dari-dieng-tanah-dewa.html
Comments
Loading...