infobatik.id

Batik Warna Ungu Khasnya Kota Bogor

0 9

Batik Warna Ungu Khasnya Kota Bogor

Batik Bogor ini terbilang masih muda dibandingkan batik-batik lain yang ada di Indonesia. Motif-motif ini mengacu pada kekhasan motif lama peninggalan Kerajaan Pakuan Padjajaran. Selain itu motif Batik Bogor juga mengacu kepada benda-benda sejarah, fenomena alam dan kebudayaan masyarakat setempat. Motif Batik Bogor sangat mengisyaratkan kearifan lokal serta fenomena kehidupan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat Kota Bogor pada saat ini. Beberapa motif Batik Bogor yang cukup terkenal yakni Motif kepala kijang, Bunga Rafflesia Arnoldi, Bunga Teratai, dan Kujang. Motif-motif ini pun mempunyai maksud dan makna tersendiri.

Pada setiap tahunnya, Kota Bogor selalu dikunjungi 3,3 juta wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Dibalik keindahannya itu, Bogor masih menyimpan potensi besar lainnya, yaitu industri batik Bogor. Industri Batik Bogor sebenarnya sudah dimulai sejak Januari 2008.

Batik Bogor mempunyai corak dan ragam khas yang diproduksi perajin di kota itu. Produk yang ditawarkan oleh batik Bogor bermacam-macam, seperti kain, pakaian, jaket, sandal, tas, topeng, dan berbagai aksesoris bermotif batik lainnya. Batik Bogor terkenal dengan motifnya yang khas dan unik, serta umumnya batik ini berwarna ungu.

Source https://www.viva.co.id/ https://www.viva.co.id/blog/budaya/390555-batik-warna-ungu-khasnya-kota-bogor
Comments
Loading...