Batik Warna Alam Jadi Produk Unggulan Batang

0 175

Batik Warna Alam Jadi Produk Unggulan Batang

Kota Batang yang terletak bersebelah dengan Kota Pekalongan. Menurut sumber yang didapat Kota Batang juga memiliki batik dengan motif warna sebagai produk unggulannya. Sebetulnya Kabupaten Batang memiliki ragam batik yang sangat bagus untuk dikembangkan sebagai ikon daerah dengan Batik warna alamnya. Batik warna alam merupakan salah satu kekayaan dan karya hasil kreatifitas masyarakat Batang dan harus dijadikan produk unggulan Kabupaten Batang.

Karena Batang belum punya outlet, sehingga produk–produk masyarakat Kabupaten Batang akan dipasarkan melalui internet di rumah toko secara online dan gratis. Hal ini dilakukan, karena belum adanya tempat untuk menjual hasil produk masyarakat secara langsung.

Untuk menindak lanjuti hal tersebut, peserta pelatihan pengembangan produk batik dan manajemen dan kewirausahaan yang diadakan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Direktorat Jendral Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya harus membuat paguyuban atau kelompok untuk merencanakan kegiatan ke depan agar berproduksi dan bisa diterima di masyarakat. Pemerintah akan membantu paguyuban dan memasarkan produksinya, diharapkan peserta pameran membentuk paguyuban dan melakukan diskusi untuk keberlangsungan kedepan.

Bupati Batang membantu paguyuban sebanyak Rp.50 juta untuk dapat mengembangkan produk batik dan masyarakat harus lebih kreatif dalam menciptakan sebuah produk. Perwakilan dari Kemenparekraf Jumadi Al Qubro, menjelaskan selama ini pihaknya telah melakukan pendampingan dan pengembangan desain tata kelola usaha pemasaran dan produk kreatif di Indonesia. Dan ini merupakan tahun ke tiga yang di awali pada tahun 2012 lalu, dan kemungkinan akan berkesinambungan. Pemerintah berharap agar batik Batang yang menggunakan pewarna alam ini bisa berkembang seperti batik dari daerah lain dan dapat dikenal sampai mancanegara.

Source Batik Warna Alam Jadi Produk Unggulan Batang Batik
Comments
Loading...