Batik Warisan Tradisi

0 65

Batik Warisan Tradisi

Batik merupakan sebuah keterampilan yang didapatkan oleh para pembuat batik melalui pendidikan yang tidak berada dalam jalur yang resmi. Pendidikan membuat batik ini diperoleh oleh para pembuat batik saat ini melalui jalur yang diwariskan dalam keluarga. Dalam sebuah keluarga seorang ibu yang mempunyai keahlian dalam membuat batik akan mewariskan keahlian yang dimilikinya pada anak-anak perempuan yang ada di dalam rumahnya. Hal ini telah terjadi selama ratusan tahun dan sampai saat ini pun keluarga pembuat batik masing memegang dengan teguh tradisi dalam hal membuat batik ini.

Walaupun jumlah pembuat batik saat ini sudah makin sedikit dan terkadang ada juga keluarga yang proses tradisi mewariskan batik tidak dilakukan sama sekali. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah karena banyak dari anak-anak pembuat batik ini memilih profesi yang lain dan lebih memilih untuk menjadi karyawan di perusahaan besar di kota mereka atau pun di kota besar lainnya. Dewasa ini sangat sering kita menemukan kenyataan bahwa hanya beberapa orang anak yang mau belajar membuat batik dari orangtuanya. Dalam padatnya kegiatan sekolah yang harus dihadapi oleh anak sekolah zaman sekarang ini membuat proses mewariskan tradisi membuat batik ini.

Tradisi mewariskan membuat batik ini memang diusahakan untuk terus dapat dijaga  dan lestari. Dalam sebuah keluarga yang sangat kuat tradisi membuat batik, anak-anak memang pada umumnya memiliki keinginan sendiri yang cukup kuat untuk dapat mempelajari cara membuat batik yang baik dan juga benar dari orang tua nya. Namun terkadang karena ingin tahu seorang anak menjadikan mereka ingin mempelajari cara membuat batik walau mereka bukan berasal dari keluarga pembuat batik. Pamor batik yang terus meningkat beberapa tahun ini membuat batik menjadi sebuah hal yang terkenal dan banyak orang yang menaruh perhatian. Perhatian ini membuat banyak orang yang kemudian ingin membuat batik dan mempelajari caranya dengan baik.

Source http://bajubiboll.blogspot.co.id/ http://bajubiboll.blogspot.co.id/2014/11/baju-batik-warisan-tradisi.html
Comments
Loading...