Batik Warisan Dunia

0 182

Batik Warisan Dunia

Batik sudah menyebar ke seluruh pulau yang ada di Indonesia dan membuat tradisi membuat batik bukan hanya merupakan budaya yang dimiliki oleh suku Jawa saja, tetapi telah menjadi sebuah kebudayaan dan juga tradisi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Saat ini setiap daerah yang membuat batik telah mempunyai motif dan juga bentuk pola yang mereka buat dan merupakan kreasi dari anak daerah tersebut.

Batik dengan berbagai motif dan corak yang ada saat ini bukan lagi hanya berasal dari daerah utama penghasil batik seperti Kota Yogyakarta, Solo, Pekalongan atau beberapa kota lain di Jawa Tengah yang pada awalnya merupakan daerah utama pembuat seni motif batik. Batik saat ini telah berhasil menjadi sebuah tradisi yang ada di berbagai daerah dan juga pulau seperti daerah yang ada di Pulau Sumatra seperti Kota Padang, Palembang, Aceh. Daerah yang ada di Pulau Sumatra tersebut saat ini juga memiliki baju batik dengan motif yang mereka ciptakan sendiri dan juga telah menambah ragam budaya batik yang ada di Nusantara.

Pembuat batik yang ada di nusantara menjadi batik memiliki ragam corak yang berbeda dan juga semakin menjadikan Batik Indonesia sangat kaya dengan motif yang memiliki makna dan juga arti yang sangat dalam. Batik yang berasal dari negara Indonesia adalah kesenian asli bangsa yang memiliki keragaman yang begitu banyak. Kebudayaan dan juga tradisi membuat batik yang kemudian dapat terus dipertahankan oleh bangsa Indonesia inilah yang menyebabkan pada akhirnya UNESCO menetapkan batik sebagai salah satu warisan dunia. Rakyat Indonesia dianggap telah berhasil melakukan berbagai macam langkah yang nyata untuk dapat memberikan perlindungan dan juga menjaga kelestarian baju batik sebagai budaya kebanggaan bangsa Indonesia.

Source Batik Warisan Dunia Batik
Comments
Loading...