Batik Wadah Keanekaragaman Budaya

0 31

Batik Wadah Keanekaragaman Budaya

Jika berbicara mengenai batik pasti teringat sebuah lagu dari grup band yang sangat tersohor yaitu Slank ” kota batik di Pekalongan”. Kota Pekalongan merupakan salah satu kota yang berada di jawa tengah yang terletak di utara pantai jawa.

Jika kalian datang ke kota pekalongan pasti akan menemukan beberapa kampoeng batik salah satunya kampoeng batik kauman. Kampung batik kauman sekarang telah melakukan perubahan dan perombakan yang amat dasyaat,mulai dari pengurusnya hingga programnya.

Kampoeng batik sendiri sekarang telah memiliki shoowroom bersama, ini merupakan wadah bagi para pelaku budaya yang ada di kota Pekalongan. Untuk berekspresi, lalu di showroom tersebut juga sebagai wadah pelatihan membantik.

Motif yang ada dibatik merupakan gambaran atau sesuatu yang bisa diartikan kedalam kehidupan sehari- hari dalam motif tersebut tersirat arti penting semisal pewayangan, atau yang lain. Ini lah wadah yang sebenarnya keanekaragaman budaya. Kota Pekalongan sendiri mendapatkan satu penghargaan yang luar biasa, yaitu Kota Pekalongan ditetapkan sebagai Creative City oleh UNESCO pada tahun 2014 lalu.

Penetapan tersebut juga bermakna khusus. Karena kota ini menjadi kota (plus kabupaten) pertama di Indonesia yang meraih predikat tersebut.  Ada Craft and Folk Arts alias Kerajinan dan Seni Rakyat.  Sesungguhnya kota pekalongan merupakan kota yang sangat potensial yang tentunya juga dibtuhkan SDM yang memadai

Source https://www.kompasiana.com/ https://www.kompasiana.com/akupeneruswsrendra/5bc97b83aeebe10b2d0f194a/batik-wadah-keanekaragaman-budaya
Comments
Loading...