Batik Vorstenlanden

0 323

Batik Vorstenlanden

Batik Vorstenlanden merupakan batik dari Solo dan Yogya. Batik yang berasal dari keraton dan batik yang mendapat pengaruh sangat kuat dari keraton, baik ragam hias maupun warnanya. Berdasarkan sifat ragam hias dan waarnanya, batik Vorstenlanden memiliki ciri khas antara lain, ragam hias bersifat simbolis berlatar kebudayaan Hindu-Jawa, warna cenderung kewarna coklat sogan, indigo, hitam dan putih.

Warna dominan kain batik klasik Jawa pada awalnya dapat ditemukan sebagai berikut : warna coklat (Dragem Sogan) adalah simbolis dari warna tanah lempung yang subur, dapat membangkitkan rasa kerendahan hati, kesederhanaan dan “membumi”, selain kehangatan bagi pemakainya. Warna biru tua (Wulung), pakaian dengan warna ini memberikan efek rasa ketenangan, kepercayaan, kelembutan pekerti, keikhlasan, dan rasa kesetiaan.

Warna biru tua biasanya ditemukan pada motif batik klasik Yogyakarta, misalnya pada Motif Modang. Warna putih melambangkan arah timur, muncul pada motif gagrak Yogyakarta dan menunjukkan kesan inocent (rasa tidak bersalah), kesucian, ketentraman hati dan keberanian serta sifat pemaaf pemakainya.

Source http://abstrak.ta.uns.ac.id/wisuda/upload/C0909012_bab2.pdf
Comments
Loading...