Batik Vi, Angkat Corak Jahe Balikpapan

0 115

Batik Vi, Angkat Corak Jahe Balikpapan

BATIK Vi adalah salah satu merk batik lokal di Balikpapan. Ida Roy Nirwan adalah orang di balik Batik Vi. Mulai berdiri sejak 15 Mei 2013, bermula dari kecintaannya akan keberagaman hasil budaya Kalimantan. Ida mencoba untuk menggali dan mencari sesuatu yang unik dan khas yang berhubungan dengan Balikpapan. Dan ia pun menemukan motif Etlingera Balikpapanensis, jenis jahe yang hanya terdapat di Hutan Lindung Sungai Wain.

Setelah membaca, dan sedikit riset akan ciri khas Balikpapan, Ida menemukan Etlingera Balikpapanensis, jenis jahe-jahean yang hanya terdapat di Hutan Lindung Sungai Wain, yang ditemukan oleh seorang ahli botani asal Denmark, Axel Dalberg Poulsen.

Motif pada Batik Vi pun tak melulu hanya jahe saja, Ida juga mengkreasikan motif jahe dengan motif khas Balikpapan atau Kalimantan lainnya seperti beruang madu, kantung semar, jamur, buah pepaya, buah salak, dan motif Kalimantan Timur pada umumnya. Untuk desain seluruh motif Batik Vi semuanya adalah buah pikir dari Ida, selaku pemilik batik Vi, namun dirinya tak menampik kalau dia juga turut dibantu oleh teman-temannya yang juga membantu.

Ada lima warna yang menjadi ciri Batik Vi, di antaranya merah, hitam, biru, coklat, kuning, namun warna paling dominan adalah merah, mengikuti warna si Etlingera Balikpapanensis. Untuk harga Ida membanderolnya Rp 600 ribu per 2,5 meter untuk semua motif yang di keluarkannya. Namun, untuk pakaian jadi dikenai antara Rp 700 ribu hingga Rp 800 ribu.

Pemasaran pun dilakukan Ida dengan berbagai cara, mengikuti pameran kerajinan tangan, ikut ambil bagian dalam pagelaran peragaan busana, maupun menawarkan produk ke relasi dan teman terdekat.  Ida juga mengakui, setahun lebih Batik Vi berjalan banyak permintaan pemesanan batik terlebih dengan motif jahe. Ida sangat mengharapkan, motif jahe yang dicetuskannya tersebut bisa dipakai oleh seluruh pengrajin batik Balikpapan terlepas bahwa motif tersebut adalah dia yang mempeloporinya.

Source http://kaltim.tribunnews.com/ http://kaltim.tribunnews.com/2014/11/23/batik-vi-angkat-corak-jahe-balikpapan
Comments
Loading...