infobatik.id

Batik Untuk Seserahan Pengantin Dalam Pernikahan Jawa

0 13

Batik Untuk Seserahan Pengantin Dalam Pernikahan Jawa

Dalam pernikahan adat jawa memang ada berbagai prosesi yang harus dilalui oleh calon pengantin. Namun selain serangkaian prosesi adat tersebut, ternyata untuk pemilihan motif batik yang digunakan juga khusus dan tidak sembarangan. Hal ini masih jarang diketahui oleh banyak orang kecuali yang memang memiliki darah jawa yang sangat kental. Maka penting juga bagi anda untuk mengetahui akan fakta tersebut dalam sebuah pernikahan adat jawa.

Di daerah Jawa sendiri memang memiliki begitu banyak motif batik yang bisa dipilih untuk digunakan dalam berbagai acara. Namun ternyata untuk sebuah acara pernikahan diperlukan pemilihan motif secara khusus yang tentunya berkaitan dengan filosofi dalam motif batik itu sendiri.

Salah satu motif jarik yang digunakan sebagai seserahan pengantin adat jawa tentunya juga dipilih secara khusus yaitu motif madu bronto. Batik dengan warna khas coklat dan motif bunga besar dikelilingi bunga yang lebih kecil bermekaran dimana-mana memang sangat cantik dan anggun. Makna dari motif batik ini menggambarkan seseorang yang sedang merasakan kasmaran dan simbol untuk mengatakan cinta. Sehingga memang motif batik ini sangat cocok digunakan sebagai salah satu seserahan dalam prosesi lamaran adat jawa yang harus ada.

Source https://batikjambi.com https://batikjambi.com/motif-batik-dalam-pernikahan-adat-jawa.html
Comments
Loading...