infobatik.id

Batik Unik Maluku

0 10

Batik Unik Maluku

Ragam corak dan juga motif batik di Indonesia ini sangat beragam dan memiliki jumlah yang sangat banyak. Seni batik saat ini juga dikenal di daerah Maluku. Motif batik khas daerah Maluku ini memiliki ciri tersendiri dengan pola batik yang menggunakan bentuk pala cengkih parang dan juga motif batik dengan pola salawaku yang merupakan senjata khas dalam budaya masyarakat Maluku. Selain itu batik maluku juga banyak memperlihatkan berbagai macam alat musik tradisional khas Maluku. Motif batik khas dari Maluku salah satunya adalh motif cengkeh gugur yang berasal dari daerah pulau seram.

Motif baju batik yang dibuat di daerah ini menggunakan jenis warna yang bermacam-macam seperti warna terang dan juga warna yang kalem seperti warna biru laut. Motif baju batik khas dari wilayah maluku ini selain disukai oleh masyarakat daerah Maluku, ternyata juga telah berhasil menarik minat masyarakat dari berbagai penjuru seperti kalimantan, papua dan juga jakarta. Bahkan beberapa turis dari Belanda juga menyatakan tertarik dengan motif batik khas Maluku ini dan banyak yang membelinya sebagai koleksi. Motif batik unik dari Maluku ini mengangkat berbagai pola dan juga motif yang khas berasal dari kebudayaan maluku dan berbagai budaya lama yang ada di tanah mereka ini.

Berbagai macam pola dan juga motif batik tersebut dirancang dan juga didesain dengan cara membuat paduan antara motif batik tradisioanal yang kemudian digabungkan dengan berbagai poila modern sehingga batik yang dibuat oleh masyarakat maluku ini tampil modern dan juga elegan. Motif batik di daerah ini juga banyak yang menggunakan pola kontemporer dan seniman batik di daerah ini masih menggunakan teknik batik tradisional dalam seni batik yang mereka buat. Berbagai macam upaya telah dilakukan agar seni batik khas dari daerah Maluku ini dapat menjadi lebih dikenal dan juga diterima oleh semua kalangan masyaraka Maluku dan juga Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengikuti pameran dengan tingkat nasional yang diadakan di Jakarta dan berbagai daerah lainnya. Proses ini dilakukan dengan tujuan agar batik khas Maluku ini menjadi lebih dikenal dan memiliki peminat yang lebih banyak lagi.

Source http://bajubiboll.blogspot.co.id/ http://bajubiboll.blogspot.co.id/
Comments
Loading...