Batik Unik Bermotif Upacara Bendera

0 21

Batik Unik Bermotif Upacara Bendera untuk Merayakan Kemerdekaan RI ke-71

Pada perayaan Hari Kemerdekaan RI selalu disambut seluruh warga Indonesia dengan sangat meriah. Mulai dari mengecat dan menghias lingkungan dengan bendera hingga mengadakan berbagai lomba khas 17-an. Tahun ini, untuk merayakan hari kemerdekaan RI yang ke-71 rumah batik di Banyumas, Jawa Tengah, membuat motif yang sangat unik bertema kemerdekaan.

Sejumlah kegiatan mulai dari kegiatan lomba 17-an, karnaval budaya, dan upacara bendera rupanya menginspirasi Slamet Hadi Priyanto, sang pengusaha batik untuk menuangkan itu semua ke dalam kain batik. Hingga pada akhirnya terciptalah kain batik dengan Motif Lomba 17-An dan Motif Baris Berbaris dan Upacara Bendera. Dalam Batik Motif Baris Berbaris dan Upacara, ada gambar orang baris berbaris dan orang yang sedang mengibarkan bendera merah putih. Meski bermotif hari kemerdekaan, ciri khas Batik Banyumasan tidak dihilangkan. Kain batik bertema Hari Kemerdekaan RI ini sebenarnya bukan kali pertama dibuat oleh Hadi Priyanto. Dengan keinginannya untuk terus membuat motif batik yang berbeda dan modern akhirnya tahun ini ia mendapat ide untuk menambah motif upacara bendera dan baris berbaris.

Batik bertema hari kemerdekaan ini tidak diproduksi dalam jumlah yang besar, hanya 10 kain saja. Alasannya adalah perayaan 17-an hanya satu momen yang tak lama, jadi sengaja dibuat eksklusif. Selain itu, pembuatan batik ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Mulai dari pembuatan desain hingga menjadi bentuk lembaran batik akan memerlukan waktu 2 hingga 3 bulan.

Source https://www.goodnewsfromindonesia.id/about https://www.goodnewsfromindonesia.id/2016/08/15/batik-unik-bermotif-upacara-bendera-untuk-merayakan-kemerdekaan-ri-ke-71
Comments
Loading...