infobatik.id

Batik Tusuk Gigi Di Tulungagung

0 20

Batik Tusuk Gigi

Siapa yang gak kenal dengan batik pastinya kita semua sudah pernah memakainya kan, di kutip dari Wikipedia Indonesia batik adalah sebuah  kain bergambar yang pembuatanya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memilki kekhasan.
Pada umumnya pelukisan batik ini menggunakan canting atau juga dengan metode cap, namun pernahkah terbayang di benak sobat melukis batik dengan menggunakan tusuk gigi. Metode pelukisan batik dengan tusuk gigi (T wool) ini di ciptakan serta dilestarikan  oleh seorang seniman dari kota Tulungagung yang biasa di panggil dengan Mas Ardyan.
Pembuatan batik tusuk gigi ini pada umumnya hampir sama dengan pembuatan batik dengan metode canting, hanya saja dalam batik tusuk gigi ini tidak menggunakan malam pada proses pembuatannya namun langsung menggunkan pewarna yang sudah di racik khusus oleh sang empunya. Bahkan Mas Ardyan sendiri sebagai empunya berani menjamin kalau pewarna racikannya ini tidak akan luntur saat proses pencucian kain, tentunya sudah ada ramuan khusus pada pewarna tersebut.
Pewarna yg sekilas mata  hampir mirip dengan cat ini dilukiskan pada kain yang sudah di beri dasar atau pola bergambar dengan menggunakan tusuk gigi, sangat di butuhkan ketelitian dan  kejelian untuk menghasilkan kain batik ala tusuk gigi yang bagus, karena jika tidak jeli serta berhati hati pewarna hasil racikan ini bisa dengan mudah merembes dan keluar dari pola gambar yang sudah di buat. Tentunya hal ini akan membuat nilai keindahan dari batik ini menurun dan kurang sedap di pandang mata.
Hasil kain batik tusuk gigi ini ternyata sudah memiliki pasar tersendiri hal ini di ungkapkan oleh sang pemilik bahwa kain kain batik tusuk gigi buatan nya sudah di pesan oleh banyak orang, bahkan beberapa pejabat dari  kota kota Tetangga pun juga tidak mau ketinggalan untuk memesan kain batik tusuk gigi ini. Jika kalian penasaran bagaimana cara pembuatan dari batik lukis tusuk gigi kalian bisa berkunjung di galeri batik lukis tusuk gigi ini di alamat JL. Pahlawan Gang 3 No. 7A Ketanon Tulungagung. Untuk kontak personnya bisa di hubungi lewat nomor yang tertera berikut 085790448699 atau 083846045055.
Source http://www.jejaknoe.net/ http://www.jejaknoe.net/2016/11/mengenal-kreasi-unik-batik-lukis-tusuk.html
Comments
Loading...