Batik Tulis Srikandi Motif Gegot

0 199

Batik Tulis Srikandi Motif Gegot

Bentuk motif tradisional adalah motif yang penyusunannya terikat oleh ikatan tertentu, baik dalam motif utama maupun isen-isennya. Bentuk tradisional merupakan seni hias yang dalam teknik maupun pengungkapannya dilaksanakan menurut peraturan, norma, dan pola yang telah digariskan lebih dahulu dan menjadi kesepakatan bersama serta telah diwariskan secara turun-temurun.

Batik motif tradisional mempunyai bentuk dan gaya figuratif dengan corak stilisasi dari flora, fauna dan manusia, mempunyai konsep sederhana, tata letak menyeluruh ke semua bidang kerja, corak umumnya bersifat simbolik spiritual, serta corak dibuat dalam lingkup fungsi-fungsi adati. Kemudian batik tradisional menampilkan produkproduk tradisional sebagai karya yang spesifik baik dari segi estetik, maupun fungsi. Salah satu motif batik yang dibuat oleh Batik Tulis Srikandi adalah Motif Gegot.

Motif Gegot termasuk ke dalam motif semen. Nama gegot berasal dari gegotro yang berarti awal mula. Motif ini mengandung harapan agar pemakainya dapat hidup berumahtangga dengan berlandaskan prinsip-prinsip hidup yang kuat.

Source http://eprints.uny.ac.id/27622/1/Nita%20Wulandari%2C%2007207241009.pdf
Comments
Loading...