Batik Tulis Sarjuni Motif Udan Liris

0 137

Batik Tulis Sarjuni  Motif Udan Liris

Bentuk motif tradisional adalah motif yang penyusunannya terikat oleh ikatan tertentu, baik dalam motif utama maupun isen-isennya. Bentuk tradisional merupakan seni hias yang dalam teknik maupun pengungkapannya dilaksanakan menurut peraturan, norma, dan pola yang telah digariskan lebih dahulu dan menjadi kesepakatan bersama serta telah diwariskan secara turun-temurun.

Salah satu motif batik yang dibuat oleh Batik Tulis Sarjuni adalah Motif Udan Liris. Motif Udan Liris merupakan motif tradisional namun dalam motifnya sudah mengalami pengembangan, karena ornamen pengisinya sudah dikembangkan.

Motif Udan Liris merupakan motif tradisional Yogyakarta. Motif ini termasuk kedalam golongan motif geometris. Pada perkembangannya motif ini mengalami pengembangan pada motifnya dan mulai diproduksi pada tahun 2003. Motif yang digunakan motif ukel, titik, garis, dan tumbuhan menjalar. Warna yang digunakan menggunakan warna alam pada warna hijau dan warna simtetis pada warna hitam motif ini diproduksi oleh perusahaan Batik Tulis Sarjuni.

Source http://eprints.uny.ac.id/27622/1/Nita%20Wulandari%2C%2007207241009.pdf
Comments
Loading...