Batik Tulis Sarjuni Motif Senandung Cinta

0 169

Batik Tulis Sarjuni Motif Senandung Cinta

Batik hadir dalam variasi corak yang beragam dan khas sesuai dengan daerah pembuatannya. Warna-warna yang digunakan cenderung lebih bervariasi sehingga konsumen tidak merasa jenuh. Di dalam Motif Batik Modern, motif-motifnya pun cenderung lebih sedikit dibanding dengan Motif Batik Tradisional. Salah satu motif yang dibuat adalah Motif Senandung Cinta.

Motif Senandung Cinta, yaitu motif yang mengandung makna cinta, diharapkan yang memakainya selalu merasakan kebahagiaan. Motif Senandung Cinta terinspirasi dari bunga mawar. Bunga mawar yang sering dilambangkan sebagai simbol rasa cinta ini menginspirasi perajin untuk mewujudkannya kedalam motif batik tulis. Motif ini diproduksi pada tahun 2009. Motif senandung cinta ini merupakan stilisasi dari bunga, daun, dan batang dari bunga mawar. Bunga mawar distilisasi dengan mahkota yang berjajar dan berjumlah enam buah, kemudian ditambah dengan kelopak dari bunga tersebut.

Selain itu, batang dari bunga dibuat bercabang-cabang dan ditumbuhi daun pada setiap sisinya. Isen yang digunakan titik-titik pada motif bunga dan garis-garis pada daunnya. Warna yang digunakan warna alam untuk daun dan warna sintetis untuk warna dasarnya. Motif ini diproduksi oleh unit produksi Batik Tulis Sarjuni.

Source http://eprints.uny.ac.id/27622/1/Nita%20Wulandari%2C%2007207241009.pdf
Comments
Loading...