Batik Tulis Sarjuni  Motif Sekar Jagad Baru

0 155

Batik Tulis Sarjuni  Motif Sekar Jagad Baru

Bentuk modern merupakan seni hias yang berkembang dari pembaharuan-pembaharuan atau suatu bentuk seni yang dalam penggarapannya didasarkan atas cita rasa baru, proses kreatif dan penemuan. Salah satu motif batik yang diproduksi oleh Batik Tulis Sarjuni adalah Motif Sekar Jagad Baru.

Motif Sekar Jagad Baru, mengandung makna kecantikan dan keindahan sehingga orang lain yang melihat akan terpesona. Ada pula yang beranggapan bahwa Motif Sekar Jagad sebenarnya berasal dari kata kar jagad (kar berarti peta, jagad berarti dunia) sehingga motif ini juga melambangkan keragaman dunia. Motif ini merupakan motif tradisional namun dalam motifnya sudah mengalami pengembangan, karena ornamen pengisinya sudah dikembangkan. Motif ini dikembangkan pada tahun 2001.

 

Motif Sekar Jagad merupakan motif tradisional. Tetapi pada perkembangannya motif ini mengalami pengembangan pada isian bidangbidangya. Isian bidang yang digunakan adalah motif bunga, ceplok, daun, dan garis-garis. Motif ini diproduksi oleh Batik Tulis Sarjuni. Warna yang digunakan adalah warna alam pada warna hijau dan warna sintetis pada warna hitam. Motif ini dikembangkan pada tahun 2003.

Source http://eprints.uny.ac.id/27622/1/Nita%20Wulandari%2C%2007207241009.pdf
Comments
Loading...