Batik Tulis Sarjuni Motif Padas

0 193

Batik Tulis Sarjuni Motif Padas

Bentuk modern adalah motif yang terbentuk karena adanya kebebasan dalam menentukan motif dan ornamen. Secara umum batik modern tampil dalam variasi bentuk produk dan gaya yang amat luas dan bebas, yang dikendalikan oleh perkembangan konsep seni dan kendali pasar, tata letak corak bebas, dan corak berorientasi pada fungsi-fungsi sesuai dengan keperluan dan tuntutan masyarakat modern yakni untuk bermacam-macam kebutuhan. Batik hadir dalam variasi corak yang beragam dan khas sesuai dengan daerah pembuatannya.

Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Padas. Motif Padas atau batu merupakan ide penciptaan yang menggambarkan dusun Pajimatan yang terletak di lereng pegunungan makam raja-raja. Di sekitar makam banyak terdapat batu-batu, sehingga perajin menuangkan ide tersebut kedalam motif batik tulis. Dusun Pajimatan merupakan daerah pegunungan, sehingga banyak terdapat batu-batuan, baik batuan yang keras maupun batuan yang lunak.

 

Motif Padas merupakan hasil stilisasi dari batu-batuan tersebut untuk diwujudkan kedalam motif batik. motif tersebut disusun secara acak dan memiliki bentukbentuk yang tidak teratur. Motif ini dikembangkan pada tahun 2009. Warna yang digunakan warna alam pada warna hijau dan warna sintetis pada warna hitam. Motif ini diproduksi oleh Batik Tulis Sarjuni.

Source http://eprints.uny.ac.id/27622/1/Nita%20Wulandari%2C%2007207241009.pdf
Comments
Loading...