Batik Tulis Sarjuni Motif Lung-lungan Alas

0 441

Batik Tulis Sarjuni Motif Lung-lungan Alas

Secara umum batik modern tampil dalam variasi bentuk produk dan gaya yang amat luas dan bebas, yang dikendalikan oleh perkembangan konsep seni dan kendali pasar, tata letak corak bebas, dan corak berorientasi pada fungsi-fungsi sesuai dengan keperluan dan tuntutan masyarakat modern yakni untuk bermacam-macam kebutuhan.  Salah satunya adalah Motif Lung-lungan Alas yang dibuat oleh Batik Tulis Sarjuni.

Motif Lung-lungan Alas, berarti tumbuhan menjalar. Motif ini bermakna harapan agar kehidupan pemakainya bisa terus tumbuh dan berkembang menjedi lebih baik. Ornamen utama dalam motif lung-lungan adalah tumbuhan dan bunga-bungaan, kadang juga digabungkan dengan motif binatang seperti burung. Motif ini merupakan motif tradisional yang sudah mengalami pengembangan baik dari segi motif maupun warnanya.

Motif Lung-lungan ini sudah mengalami perubahan. Motif ini dikembangkan pada tahun 2001. Motif yang dikembangkan tidak serumit pada Motif Lung-lungan yang tradisional. Motif yang digunakan motif tumbuhan menjalar dan diberi sulur-sulur dengan dilengkapi isen garis dan titik. Isen dari motif lebih sederhana tetapi tidak mengurangi keindahan dari motif tersebut. Motif ini diproduksi oleh Batik Tulis Sarjuni. Warna yang digunakan adalah warna sintetis.

Source http://eprints.uny.ac.id/27622/1/Nita%20Wulandari%2C%2007207241009.pdf
Comments
Loading...