Batik Tulis Sarjuni Motif Irian

0 151

Batik Tulis Sarjuni Motif Irian

Bentuk modern merupakan seni hias yang berkembang dari pembaharuan-pembaharuan atau suatu bentuk seni yang dalam penggarapannya didasarkan atas cita rasa baru, proses kreatif dan penemuan. Terlepas ikatan-ikatan tradisi merupakan nafas baru dalam dunia imajinasi yang mendorong daya kreatifitas dan mengajak seseorang ke suatu pemikiran baru. Perubahan nilai dalam masyarakat merupakan salah satu sebab utama dari aspirasi konsumen terhadap barang-barang kebutuhan hidup seharihari. Produksi motif batik modern membutuhkan pengetahuan kreatifitas yang tinggi yakni estetika, produksi, fungsi dan kemampuan untuk tanggap terhadap dinamika pasar.

Batik hadir dalam variasi corak yang beragam dan khas sesuai dengan daerah pembuatannya. Warna-warna yang digunakan cenderung lebih bervariasi sehingga konsumen tidak merasa jenuh. Di dalam Motif Batik Modern, motif-motifnya pun cenderung lebih sedikit dibanding dengan Motif Batik Tradisional.

Salah satu motif batik adalah Motif Irian. Motif Irian, merupakan motif modern yang sering dibuat oleh perajin. Motif ini terinspirasi oleh kedatangan orang Irian ke Imogiri. Dalam menambah variasinya perajin memvariasikan jenis warnanya.

Source http://eprints.uny.ac.id/27622/1/Nita%20Wulandari%2C%2007207241009.pdf
Comments
Loading...