Batik Tulis Sarjuni Motif Gentong

0 171

Batik Tulis Sarjuni Motif Gentong

Produksi motif batik modern membutuhkan pengetahuan kreatifitas yang tinggi yakni estetika, produksi, fungsi dan kemampuan untuk tanggap terhadap dinamika pasar. Secara umum batik modern tampil dalam variasi bentuk produk dan gaya yang amat luas dan bebas, yang dikendalikan oleh perkembangan konsep seni dan kendali pasar, tata letak corak bebas, dan corak berorientasi pada fungsi-fungsi sesuai dengan keperluan dan tuntutan masyarakat modern yakni untuk bermacam-macam kebutuhan. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Gentong.

Di dalam area makam raja-raja Imogiri terdapat gentong-gentong besar yang melambangkan kesuburan. Gentong-gentong tersebut menjadi inspirasi perajin untuk menerapkannya kedalam motif batik. Motif Gentong merupakan hasil stilisasi dari gentong yang ada didalam komplek makam raja-raja Imogiri. Motif ini dikembangkan pada tahun 2007, dan sampai saai ini pun masih diproduksi. Gentong yang dianggap mempunyai kekuatan magis ini menjadi inspirasi perajin untuk mewujudkan kedalam motif batik sebagai salah satu ciri khas Motif Batik Imogiri.

Gentong yang terdapat di dalam komplek makam ada empat buah yang masing-masing mempunyai nama dan berisi air yang dianggap suci. Dalam perwujudannya kedalam motif batik, gentong-gentong tersebut diletakkan saling berhadapan sebagai lambang persatuan. Didalam motif tersebut diberi isen garis-garis. Warna yang digunakan warna sintetis pada biru muda dan biru tua. Motif ini diproduksi oleh perusahaan Batik Tulis Sarjuni.

Source http://eprints.uny.ac.id/27622/1/Nita%20Wulandari%2C%2007207241009.pdf
Comments
Loading...