Batik Tulis Sarjuni Motif Daun Pepaya

0 307

Batik Tulis Sarjuni Motif Daun Pepaya

Bentuk modern adalah motif yang terbentuk karena adanya kebebasan dalam menentukan motif dan ornamen. Motif modern dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu: gaya abstrak dinamis yaitu menonjolkan kebebasan dalam komposisi warna yang bebas dan dinamis; gaya gabungan yaitu mengambil ornamen batik tradisional yang digabungkan menjadi satu dengan motif baru sehingga terbentuk rangkaian yang indah; dan yang terakhir gaya lukisan yaitu mengambil motif bebas dan diberi isen-isen yang diatur rapi sehingga menimbulkan hasil yang indah.

Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Daun Pepaya. Motif Daun Pepaya merupakan motif modern. Pohon pepaya banyak tumbuh di daerah Imogiri dan sekitarnya. Motif Daun Pepaya merupakan hasil stilisasi dari tumbuhan pohon pepaya yang banyak dijumpai didaerah Imogiri.

Motif ini dikembangkan pada tahun 2008, dan sampai saai ini pun masih diproduksi. Motif ini hasil dari stilisasi dari daun pepaya dan kemudian diberikan ragam hias tambahan berupa ukel. Motif ini diproduksi oleh unit produksi Batik Tulis Sarjuni.

Source http://eprints.uny.ac.id/27622/1/Nita%20Wulandari%2C%2007207241009.pdf
Comments
Loading...