Batik Tulis Sarjuni Motif Daun Pala

0 319

Batik Tulis Sarjuni Motif Daun Pala

Secara umum batik modern tampil dalam variasi bentuk produk dan gaya yang amat luas dan bebas, yang dikendalikan oleh perkembangan konsep seni dan kendali pasar, tata letak corak bebas, dan corak berorientasi pada fungsi-fungsi sesuai dengan keperluan dan tuntutan masyarakat modern yakni untuk bermacam-macam kebutuhan. Batik hadir dalam variasi corak yang beragam dan khas sesuai dengan daerah pembuatannya. Warna-warna yang digunakan cenderung lebih bervariasi sehingga konsumen tidak merasa jenuh. Di dalam Motif Batik Modern, motif-motifnya pun cenderung lebih sedikit dibanding dengan Motif Batik Tradisional.

Motif atau tema yang diangkat lebih ditonjolkan daripada motif atau ornamen-ornamen pengisinya. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Daun Pala. Motif Daun Pala ini diadopsi dari daun pala yang tumbuh di sekitar makam raja-raja imogiri. Perajin menuangkannya kedalam motif batik sebagai ungkapan rasa syukur. Motif Daun Pala merupakan hasil stilisasi dari tumbuhan pala. Pohon pala juga dapat ditemui di beberapa sekitar rumah penduduk Imogiri.

Motif ini dikembangkan pada tahun 2009, dan sampai saai ini pun masih diproduksi. Motif ini hasil stilisasi daun tersebut. Daun pala diwujudkan dalam bentuk motif batik secara terpisah dan acak. Didalam motif tersebut diberikan isen garis-garis. Pada bidang-bidang yang kosong diberi beberapa ragam hias sesuai dengan keinginan penciptanya. Warna yang digunakan warna alam pada bagian warna hijau dan warna sintetis pada bagian warna hitam. Motif ini diproduksi oleh unit produksi Batik Tulis Sarjuni.

Source http://eprints.uny.ac.id/27622/1/Nita%20Wulandari%2C%2007207241009.pdf
Comments
Loading...