Batik Tulis Sarjuni Motif Daun Bambu

0 223

Batik Tulis Sarjuni Motif Daun Bambu

Bentuk modern merupakan seni hias yang berkembang dari pembaharuan-pembaharuan atau suatu bentuk seni yang dalam penggarapannya didasarkan atas cita rasa baru, proses kreatif dan penemuan. Ornamen modern merupakan seni yang bersifat kreatif, tidak terbatas pada objek-objek tertentu, waktu dan tempat, melainkan ditentukan oleh sikap batin penciptanya. Terlepas ikatan-ikatan tradisi merupakan nafas baru dalam dunia imajinasi yang mendorong daya kreatifitas dan mengajak seseorang ke suatu pemikiran baru.

Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Daun Bambu. Motif Daun Bambu melambangkan kesuburan, di sekitar makam raja-raja Imogiri terdapat banyak sekali pohon-pohon bambu, sehingga perajin terinspirasi untuk menuangkan motif daun bambu tersebut kedalam batik tulis. Motif Daun Bambu merupakan hasil stilisasi dari tumbuhan bambu yang tumbuh di sekitar makam raja-raja Imogiri.

Motif ini dikembangkan pada tahun 2009, dan sampai saai ini pun masih diproduksi. Motif ini hasil stilisasi daun dari tumbuhan tersebut. selain motif daun, diberikan motif stilisasi dari binatang capung. Dalam motif tersebut, diberikan isen garis pada daun dan isen titik serta garis pada motif capung. Warna yang digunakan warna alam pada warna biru dan warna sintetis untuk warna hitam. Motif ini diproduksi oleh unit produksi Batik Tulis Sarjuni.

Source http://eprints.uny.ac.id/27622/1/Nita%20Wulandari%2C%2007207241009.pdf
Comments
Loading...