Batik Tulis Sarjuni Motif Bunga Kantil

0 167

Batik Tulis Sarjuni Motif Bunga Kantil

Bentuk modern merupakan seni hias yang berkembang dari pembaharuan-pembaharuan atau suatu bentuk seni yang dalam penggarapannya didasarkan atas cita rasa baru, proses kreatif dan penemuan. Salah satu motif batik yang dibuat oleh Batik Tulis Sarjuni adalah Motif Bunga Kantil. Motif Bunga Kantil merupakan salah satu motif khas dusun Pajimatan. Bunga kantil banyak tumbuh di sekitar makam raja-raja, sehingga diwujudkan kedalam bentuk motif batik tulis.

Motif Bunga Kantil merupakan hasil stilisasi dari tumbuhan bunga kantil yang tumbuh di sekitar makam raja-raja Imogiri. Motif ini dikembangkan pada tahun 2007, dan sampai saai ini pun masih diproduksi. Motif ini hasil stilisasi bunga dan batang dari bunga tersebut. bunga kantil yang memiliki tujuh mahkota bunga di wujudkan kedalam motif batik menjadi tiga mahkota bunga.

Selain itu juga kuncup bunga, daun, serta batangnya juga dikreasikan menurut keinginan penciptanya. Didalam batang diberi isen motif batik berupa titik dan garis, sedangkan pada bagian daun diberi isen garis lengkung. Warna yang digunakan warna alam pada bagian warna hijau muda dan warna sintetis pada bagian warna hitam. Motif ini diproduksi oleh unit produksi Batik Tulis Sarjuni.

Source http://eprints.uny.ac.id/27622/1/Nita%20Wulandari%2C%2007207241009.pdf
Comments
Loading...