Batik Tulis Sari Kenongo

0 241

Batik Tulis Sari Kenongo

Batik Tulis Sari Kenongo merupakan batik tulis yang dibuat oleh pengrajin batik dari Desa Kenongo. Banyaknya masyarakat yang berprofesi sebagai pengrajin batik, membuat Desa Kenongo dijadikan salah satu sentra Industri batik tulis di Kabupaten Sidoarjo. Pada mulanya pemilik industri batik ini, Bu Hartono, sejak tahun 1972 bekerja sebagai pembatik pada industri Batik Kenongo yang pada saat itu merupakan industri pembuatan batik terbesar di Desa Kenongo. Beliau bekerja hingga tahun 1997, karena pemilik dari Batik Kenongo meninggal dunia dan tidak ada yang meneruskan industri tersebut sehingga para pekerja termasuk Bu Hartono harus mencari penghidupan lain. Selama 25 tahun, yang hanya dimiliki Bu Hartono adalah keahlian dan pengalaman dalam membatik sehingga pada tahun 1997, beliau memberanikan diri untuk menerima pesanan membatik secara mandiri.

Dengan berjalannya waktu  jumlah pesanan kain batik semakin bertambah dan Bu Hartono tidak dapat melakukan pekerjaan batik itu sendiri sehingga beliau melibatkan para mantan pekerja batik “Kenongo” yang terdahulu yakni ibu-ibu rumah tangga di lingkungan sekitar Desa Kenongo itu sendiri dan memberi nama industri batiknya dengan nama “Sari Kenongo”. Pada tahun 2000, batik tulis buatan “Sari Kenongo” dilirik oleh Camat Tulangan yang menjabat pada saat itu dan oleh beliau dikenalkan kepada orang-orang dari DInas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sidoarjo. Sejak saat itu, Bu Hartono diikutkan dalam pelatihan, workshop dan seminar  mengenai batik, perindustrian dan perdagangan. Pada tahun 2006, Batik Tulis “Sari Kenongo” milik Bu Hartono meraih penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Pelanggan dan pesanan akan Batik Tulis Sari Kenongo terus bertambah, mulai dari domestic hingga  mancanegara bahkan sampai ke Jepang dan Amerika Serikat.

Batik Tulis Sari Kenongo memang memiliki kualitas tinggi dan ciri khas yang berbeda dengan batik yang lain, yaitu motif khas Desa Kenongo : Sunduk Kentang, Jangan Bayem dan Cecek (titik-titik). Batik Tulis ini dijual dengan harga mulai dari Rp. 125.000,- sampai Rp. 4.0000.0000,- tergantung pada kualitas bahan dan kerumitan desain motif. Selain itu desain motif batiknya sangat beragam, kreatif dan inovatif. Hal tersebut yang membuat Batik Tulis “Sari Kenongo” masih bertahan dan memiliki pelanggan yang setia hingga sekang.

Batik Tulis Sari Kenongo memang terasa sangat asing ditelinga masyarkat sidoarjo. Namun diantara golongan orang yang memiliki keindahan seni dan budaya tempat ini  tidaklah asing lagi ditelinga mereka. Batik Tulis Kenongo ini salah satu kerajinan tangan yang ada dikota udang dan ada juga Batik Jetis yang ada dipusat Kota Sidoarjo.

Source Batik Tulis Sari Kenongo Batik
Comments
Loading...