Batik Tulis Probolinggo Terkenal di Perancis

0 87

Batik Tulis Probolinggo Terkenal di Perancis

Puluhan wisatawan mancanegara yang berasal dari Perancis, mengunjungi produksi Batik Tulis Ronggomukti, di Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Mereka penasaran dan ingin membeli batik tulis khas Probolinggo ini. Sebanyak 24 orang wisatawan baik laki-laki dan perempuan langsung melihat secara langsung proses pembuatan batik tulis dan terakhir memborong batik tulis itu. Kedatangan mereka itu mengundang daya tarik warga setempat.

Para wisatawan menyaksikan proses membuat batik. Mereka tampak senang dan menikmati berada di lokasi batik tulis tersebut. Ternyata, Batik Tulis Ronggumukti itu sudah dikenal sampai ke Perancis. Sejak tahun kemarin hampir tiap bulan wisatawan asal Perancis yang berkunjung ke obyek wisata Gunung Bromo pasti mampir ke batik tulis milik Mahrus Ali dan Eva Permata Sari tersebut.

Olivier salah satu wisatawan asal Perancis mengatakan, pada momen Ramadan dirinya bersama rekan lainnya, sengaja datang ke Batik Ronggomukti untuk berwisata. Sebelumnya mereka usai mengunjung Wisata Bromo. Olivier mengatakan, dirinya dan kerabatnya menyukai warna batik tulis ini dengan motif dan warna mangga, dimana warna dan motif mangga merupakan simbol dan ciri khas Kabupaten Probolinggo. Dan ia mengetahuinya batik tulis ini dari browsing di internet.

Eva Permata Sari salah satu pemilik produksi Batik Tulis Ronggomukti mengatakan, dirinya membuka usaha batik tulis sejak awal tahun 2015 lalu. Kemudian tahun kemarin, dirinya mengembangkan batik tulisnya itu. Batik tulis yang ditawarkan pada turis itu bervariasi. Ada batik tulis sutra ada batik tulis katun kereto koncono. Istilah kain batik itu, batik mori sutra dan mori kereto kencono. Harga yang ditawarkan dari mulai Rp 200.000 sampai Rp 2 juta. Tiap satu kain batik tulis itu berukuran 2,25 meter.

Source Batik Tulis Probolinggo Terkenal di Perancis Batik
Comments
Loading...