Batik Tulis Nitik Kebumen

0 112

Batik Tulis Nitik Kebumen

Batik Kebumen berbeda dengan keberadaan batik darii daerah lain yang masing-masing memiliki latar dan pengaruh dari berbagai unsur, sehingga batik dapat berkembang sebagai sebuah simbol budaya, adat istiadat dan spiritual. Batik Kebumen lebih berkembang sebagai murni seni batik yang menekankan pada nilai artistik bukan pada nilai filosofi yang bermakna nilai moral dan harapan-harapan. Sehingga justru menunjukkan keunikannya sendiri.

Batik Kebumen yang berorientasi pada alam (ekologis), menggambarkan masyarakat Kebumen yang bersahaja dan sangat menghormati kehidupan yang ditawarkan oleh alam. Batik Kebumen lebih beragam daripada batik dari daerah lainnya. Selembar kain batik bisa memiliki empat kombinasi warna, warna-warna yang sering dipakai yaitu cokelat, ungu, merah, biru, hijau, kuning, dan hitam. Ada pula batik tulis dengan dominasi warna merah (bang-bangan) atau biru (biron).

Berbeda dengan Motif Nitik dari Yogyakarta dan Solo yang lebih mirip dengan kain tenun, Motif Nitik dari Kebumen terkesan lebih sederhana namun tetap menyajikan ciri khas Nitik yang didominasi dengan titik-titik kecil bewarna putih. Kain batik bewarna gelap seperti hitam dan coklat merupakan ciri batik Kebumen yang diproduksi oleh pembatik di daerah Kebumen.

Source https://fitinline.com/ https://fitinline.com/article/read/batik-kebumen/ http://kainusa.id/batik-tulis-nitik-kebumen-1504a043
Comments
Loading...