Batik Tulis Motif Merak Sinanding Solo, Keindahan Batik Tradisional Gaya Klasik

0 127

Batik Tulis Motif Merak Sinanding Solo, Keindahan Batik Tradisional Gaya Klasik

Motif Batik Merak Sinanding begitu lekat dengan batik Banyumas, salah satu kota yang menghasilkan batik klasik dengan detail dan motif yang indah. Salah satu yang terkenal adalah motif Merak Sinanding, Motif yang menggambarkan keindahan burung merak ini menjadi sebuah inspirasi bagi pembatik klasik untuk mengembangkan motif tersebut.

Nama motif ini dapat diartikan sebagai bersandingnya burung merak ke dalam gugusan motif-motif batik klasik bergaya Solo. Dalam batik, keindahan adalah salah satu kata kunci yang harus ada dalam seni batiknya.

Berbeda dengan batik gaya Banyumasan, Merak Sinanding bergaya Solo ini mengikuti kota dimana dia dibatik, meskipun namanya sama, namun masin-masing motifnya memiliki perbedaan. Merak yang digambarkan dalam batik ini lebih simple dan terlihat lebih mudah dibatik. Meskipun terlihat lebih realistis motif merak gaya Banyumasan.

Selain merak sebagai motif utama, ada juga motif menyerupai mahkota, yang tergambar jelas dan berulang pada kain batik tulis ini. Ada juga yang menyebutnya lebih mirip satu tandan buah pisang dengan ornamen tambahan berupa sulur-sulur tumbuhan yang menyerupai daun ketela.

Kelemahan motif ini pada susunan geometrisnya yang keluar dari motif klasik, karena termasuk batik motif kontemporer. Dengan motif yang sedemikian rupa, menandakan bahwa motif ini merupakan hasil dari gabungan antara motif klasik dan motif kontemporer.

Sepertinya sudah jelas bahwa kami hanya mempecayakan pewarnaan kepada alam. Warna alami dari bumi Indonesia. Dengan karakter dan keindahan khas Nusantara Indonesia. Ciri yang paling mudah adalah, munculnya wana biru klasik pada warna nila yang menjadi warna latar batik tersebut.

Dengan kombinasi warna ungu pada ekor merak sebagai variasi keindahan warna, dan warna putih serta cokelat khas sogan Solo. Ciri lain yang bisa kita lihat adalah, menggunakan kombinasi berbagai warna apapun, tidak akan mengubah kompossi keindahan yang ada, semua akan merata dan terlihat indah dalam satu kesatuan batik tulis tradisional.

Keindahan yang dipancarkan dari warna-warna unik yang merata memberikan sebuah gambaran betapa indahnya Bumi Indonesia. Motif merak yang menggambarkan keanggunan batik tulis sebagai busana khas bangsa Indonesia yang bisa dipakai untuk semua kalangan.

Motif mahkota menjadi identitas keanekaragaman budaya dan seni yang mampu bersatu padu menunjukkan pada dunia tentang keindahan batik tulis tradisional. Yang mengharapkan, sang pemakai batik ini nantinya akan memiliki sisi anggun dan legan dalam pemakaiannya.

Motif ini begitu cocok dipakai perempuan-perempuan muda dan perempuan yang menginginkan busana fashion yang elegan baik dalam kegiatan sehari-hari maupun kegiatan resmi yang bertaraf internasional. Batik tulis ini dihargai sedikit mahal karena proses pewarnaannya yang membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan setelah selesai nembok.

Source http://indonesianbatik.id http://indonesianbatik.id/2019/01/09/batik-tulis-motif-merak-sinanding-solo-keindahan-batik-tradisional-gaya-klasik/
Comments
Loading...