Batik Tulis Motif Daya Sabagya

0 16

Batik Tulis Daya Sabagya

Batik tulis ini di desain oleh Toni Retno A, ( Batik Tulis Tengah Sawah, Ngadirojo, Pacitan, Indonesia ). pada bulan Maret 2016, mendapat juara ke II pada lomba desain batik Jawa  Timur Indonesia, kategori Umum busana muslim. Daya Sabagya berarti ” hati yang bahagia ” seseorang dapat merasakan kebahagian hatinya bila selalu bertaqwa pada Alloh SWT, dan berbuat baik pada sesama.
Bertaqwa pada Alloh SWT di gambarkan dengan motif ornanent segi empat dan bunga segi delapan yang mana menggambarkan bahwa Alloh SWT dapat mengamati kita dari segala penjuru mata angin. Berbuat baik dengan sesama digambarkan dengan motif bunga Teratai dan buah Pace. Bunga Teratai merupakan bunga yang hidupnya dilumpur namun menampakkan  bunga yang indah dipandang, makna bunga Teratai  seseorang walaupun hidup didaerah yang kurang bagus hendaknya memberikan kesan, kepribadian yang baik.
Buah Pace merupakan tanaman tropis yang mudah hidup diberbagai tempat, bentuk buah kurang bagus, bahunya menyengat namun buah Pace dapat digunakan sebagai obat, makna dari buah Pace, seseorang jangan mengandalkan penampilan fisik semata, walaupun fisik kurang bagus namun perilaku yang baik  harus diutamakan sehingga dapat berguna bagi masyarakat sekelilingnya. Batik ini diwarna dengan pewarna alam dari daun indigoesvera  dan kulit maoni, menggunakan teknik  2 kali pelorotan.
Source http://retnotoni.blogspot.com http://retnotoni.blogspot.com/2016/05/daya-sabagya.html
Comments
Loading...