Batik Tulis Lasem Repro Lawasan Kembang Gedhe

0 13

Batik Tulis Lasem Repro Lawasan Kembang Gedhe

Ragam hias bunga, Kesuma, Kusuma, telah lama menjadi inspirasi kreatif estetika berbagai media seni, karya seni, dan kerajinan yang menghasil purparagam keindahan dari penampilannya. Pusparagam motif gambar bunga, sekar diterapkan mulai dari jenis motif batik sederhana tapi bagus berbentuk sketsa motif batik tulis bunga dan gambar batik bunga sederhana.

Ragam hias Puspa, ornamen Puspita, nama lain dari kembang, atau disebut pula Sari, dipakai dalam beragam bentuk rangkaian yang mewakili bahasa lain dari sebuah ungkapan. Batik Sekar, batik bermotif bunga, bebungaan, jenis kain etnik, tekstil kerajinan buatan asli tangan yang memakai bunga sebagai tema dari khasanah keindahan batik Lawasan yang dituangkan kembali pada batik motif Kembang Gedhe.

 

Keindahan, estetika dari pusparagam batik kuno, batik lawasan, batik bekas tak diragukan lagi. Rata-rata, batik lawasan dikerjakan dengan proses lebih lama dibanding batik modern zaman ini, memakai pewarna alami, seringkali proses pembuatannya dengan cara khas dan diiringi dengan tradisi lelaku. Khasanah keindahan batik Lasem, batik Laseman, telah dikenal sejak lama. Termasuk varian batik pakem klasik yang memiliki ragam corak warna khas yang berani. Batik Lasem banyak dipengaruhi oleh kebudayaan dari luar, yang menjadi bagian dari narasi kisah dan cerita dibalik batik lawas yang direproduksi kembali seperti halnya batik tulis Lasem repro lawasan Kembang Gedhe. Pusparagam batik Lasem memiliki aneka kisah dan simbolisme, baik yang diambil dari kisah sejarah, alam, dan paduan budaya Jawa-Tionghoa. Seperti contohnya motif batu kricak yang memiliki kisahnya sendiri.

Batik tulis Lasem repro lawasan Kembang Gedhe merupakan salah satu dari ragam batik Lasem, diantara motif-motif khas batik seperti motif khas Babagan, Sekar Jagad, kawung Mbagan, kawung Suketan, Latohan, dan motif-motif pengaruh dari tradisi Tionghoa. Batik tulis Lasem repro lawasan Kembang Gedhe dapat dibuat dengan teknik paduan batik tiga serangkai corak warna ketiga sentra penghasil batik yang biasa disebut batik tiga negeri. Ragam batik tiga negeri, atau dikenal dengan sebutan batik tiga serangkai, kain samping tiga nagri, merupakan jenis batik berkelas. Dan batik lawas tiga nagri tergolong sebagai bagian dari daftar batik kuno termahal diantara ragam jenis batik lainnya. Batik tiga negeri Tjoa, termasuk dalam daftar harga kain batik tiga negeri dengan pattern Tjoa yang memiliki nilai jual dalam kelas batik lawas tersendiri.

Batik tulis Lasem repro lawasan Kembang Gedhe tiga negeri, adalah batik yang dibuat dengan paduan corak warna Sogan Solo, merah Jengger ayam khasnya batik Lasem, warna biru khas batik Pekalongan. Tiga paduan batik, pemakaian angka tiga sebagaimana batik tiga negeri merupakan nilai penamaan kekhasan dari batik yang dikerjakan dengan cara khas ketiga sentra penghasil batik terkenal ; batik khas Solo, Pekalongan, Lasem.

Source https://batiktiganegeri.com/ https://batiktiganegeri.com/2017/06/21/batik-tulis-lasem-repro-lawasan-kembang-gedhe/
Comments
Loading...